Belanja Sekarang!

Tanaman lidah mertua atau sansevieria ini belakangan sedang ‘naik daun’ lantaran manfaatnya bisa membersihkan udara di dalam ruangan, dan memproduksi oksigen baik di siang maupun malam hari.

Kabarnya, tanaman ini juga mudah dirawat di rumah lho. Nah, biar pikiran dan hatimu tenang supaya bisa #BikinMertuaHappy, coba lihat informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

HappyFresh_tanaman-lidah-mertua

Usahakan untuk meletakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari, misalnya di dekat jendela. Meskipun tanaman ini tetap bisa tumbuh di tempat yang kurang cahaya, namun meletakkan di area dengan sinar matahari cukup akan membuat warna tanaman ini makin cantik. Tapi sebaiknya, pastikan tidak terlalu terekspos dengan banyak sinar matahari karena akan membuat pinggiran tanaman ini menguning.

2. Siram di waktu dan dengan cara yang tepat

HappyFresh_lidah- mertua

Sebelum menyiram tanaman lidah mertua, pastikan tanahnya benar-benar dalam keadaan kering.Lalu sirami hingga air menetes dari lubang pot. Biarkan air mengalir sampai tidak menetes sama sekali. Buang air yang tersisa di dalam alas pot. Pastikan tanah tidak terlalu lembek yah. Untuk penyiraman sebaiknya dilakukan sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

3. Beri pupuk agar tumbuh dengan cantik

HappyFresh_tips- merawat-lidah-mertua

Sama halnya dengan tanaman lain, lidah mertua juga perlu diberi pupuk. Berikan pupuk pada tanaman lidah mertua setidaknya tiga minggu sekali di musim kemarau. Usahakan memberikan pupuk dengan komposisi yang cukup agar tidak membuatnya daunnya copot.

4. Bersihkan pula daun secara rutin

HappyFresh_tips- merawat-lidah-mertua (2)

Perhatikan pula daun pada tanaman ini dan bersihkanlah secara rutin. Singkirkan jika ada gulma yang tumbuh dan debu pada daunnya. Cukup dengan mengelap daunnya satu sampai dua minggu sekali.


BACA JUGA: Sayur Organik dan Hidroponik, Mana yang Lebih Sehat?

Sayur organik