Belanja Sekarang!

Nggak cuma bisa #BikinMertuaHappy ternyata membiasakan anak dekat dengan kakek-nenek bisa berdampak positif terhadap psikologinya lho.

Dilansir dari situs Tempo yang mengutip hasil penelitian dari Oxford, menjelaskan bahwa anak-anak yang sering menghabisakan waktu dengan kakek-neneknya dapat mengurangi resiko depresi saat mereka tumbuh dewasa.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya seperti empat hal di bawah ini.

1. Meningkatkan kecerdasan emosional

HappyFresh_hubungan_cucu_kakek

Dilansir dari Lovetoknow.com, sebuah studi dari Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu bersama kakek-neneknya memiliki kecerdasan emosional yang baik.

2. Anak dekat dengan kakek-nenek bisa mengurangi gejala depresi

HappyFresh_cucu_dekat_dengan_kakek

Seperti yang sempat disebutkan di atas, jika hubungan dekat antara anak dengan kakek-neneknya ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi. Di sebuah studi juga menunjukkan jika kakek-nenek bisa mendukung cucunya karena memahami hal yang dialami.

3. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

HappyFresh_anak_dekat_dengan_kakek_nenek_3

Dukungan secara emosional dari orangtuamu atau suami ternyata mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasinya. Selain itu, hubungan dekat ini juga bisa meningkatkan empati pada sang anak.

4. Memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan keahlian yang baru

HappyFresh_anak_dekat_dengan_kakek_nenek_2

Membiarkan anak menghabiskan waktu dengan kakek-nenek bisa memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan skill yang baru seperti memasak, menjahit, dan lainnya. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anak lebih mandiri.


BACA JUGA: Ini 4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

tahap perkembangan anak