Akar teratai atau akar lotus adalah bagian dari tanaman teratai yang ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Itu sebabnya, akar ini kerap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Yuk, simak lebih lanjut mengenai manfaat akar teratai dan cara mengolahnya berikut ini!

Manfaat akar teratai untuk kesehatan

Alasan mengapa oufen memiliki manfaat kesehatan tentu tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Asam folat

Berikut ini macam-macam manfaat akar teratai untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

akar teratai

Pada tanama ini terkandung kalium. Hal ini menjadikannya sebagai salah obat alami untuk menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi.

Dilansir dari DokterSehat, kalium bersifat vasodilator. Artinya, mineral ini bekerja dengan cara mengendurkan pembuluh darah.

2. Memperlancar peredaran darah

akar teratai

Manfaat lain dari tanaman yang disebut juga oufen ini adalah memperlancar aliran darah. Ini karena pada tanaman tersebut terkandung zat besi.

Perlu kamu ketahui, selain membantu proses produksi sel darah merah, zat besi juga berperan penting dalam melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

3. Merawat kesehatan jantung

manfaat akar teratai

Mineral lainnya yang terkandung di dalam akar teratai adalah potasium. Nah, kalau potasium ini fungsinya untuk merawat kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Tidak hanya potasium, folat dan vitamin C pada oufen juga baik untuk kesehatan jantung, lho.

4. Merawat kesehatan rambut dan kulit

manfaat oufen

Rambut dan kulit yang sehat tentu menjadi idaman semua orang. Salah satu cara alami agar rambut dan kulit kamu senantiasa sehat adalah dengan mengonsumsi oufen.

Pasalnya, tanaman ini mengandung vitamin B dan C. Kedua vitamin tersebut merupakan nutrisi penting bagi kulit dan rambut.

5. Meredakan stress

oufen

Selain itu, vitamin B kompleks yang terkandung di dalam oufen juga bisa membantu kamu meredakan stres.

6. Menurunkan berat badan

akar lotus

Manfaat akar teratai lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan oufen rendah kalori.

Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Dengan begitu, frekuensi makan jadi lebih terkendali.

7. Melancarkan pencernaan

oufen

Melancarkan pencernaan juga menjadi manfaat oufen yang tidak kalah penting. Khasiat yang satu ini berkat adanya kandungan serat.

8. Memperlancar haid

manfaat akar teratai

Melansir SehatQ, oufen dapat membantu melancarkan siklus haid pada Wanita. Tidak hanya itu, akar lotus juga efektif untuk meredakan nyeri yang timbul saat haid.

9. Mengobati rhinitis alergi

akar teratai

Rhinitis alergi adalah kondisi yang juga dapat diatasi dengan mengonsumsi akar teratai. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

10. Menambah energi

oufen

Zat besi pada oufen diklaim dapat meningkatkan energi tubuh. Pasalnya, zat besi berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen pada otot dan sel-sel tubuh.

Kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh menjadi penyebab utama mengapa tubuh tidak berenergi.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh

manfaat akar teratai

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, meningkatkan sistem imun tubuh menjadi hal yang sangat penting. Nah, kamu bisa mengonsumsi oufen agar kekebalan tubuh meningkat.

Akar teratai mengandung vitamin C yang mana vitamin ini sudah terbukti secara ilmiah efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

12. Menjaga dan meningkatkan kesehatan otak

akar lotus

Menjaga dan meningkatkan kesehatan otak juga menjadi manfaat akar teratai yang harus kamu tahu. Oufen mengandung mineral tembaga. Menurut penelitian, tembaga bekerja dengan cara mengoptimalkan fungsi jalur saraf.

Sejumlah penelitian pun menunjukkan kalau kekurangan asupan tembaga berpotensi menimbulkan masalah pada otak seperti Alzheimer.

13. Mencegah cacat lahir

Bagi ibu hamil, mengonsumsi oufen secara tepat dapat meminimalisir risiko bayi terlahir cacat. Ini semua berkat adanya kandungan folat.

Selain itu, zat lainnya seperti kalsium dan kolin juga berperan penting dalam mencegah cacat lahir.

Cara mengolah akar teratai

Kamu bisa mengolah akar lotus menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya tumis akar teratai. Namun, sebelum mengolahnya menjadi masakan, ada sejumlah langkah yang harus kamu terapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Cuci oufen hingga bersih
  • Bila perlu, rendam di dalam air hangat selama kurang lebih 1 jam
  • Potong ujung akar dan kupas kulitnya
  • Masak oufen hingga benar-benar matang agar pahitnya hilang

Beli sayur online di HappyFresh Supermarket

Makan sayur setiap hari penting banget biar tubuh kamu selalu sehat. Nah, mau beli sayur gak pake ribet? Ya di HappyFresh Supermarket!

Belanja di HappyFresh Supermarket bisa dari rumah pakai smartphone kamu. Tinggal klik, lalu tunggu deh belanjaan kamu diantar oleh rider sampai ke depan rumah!

Oh iya, HappyFresh Supermarket sudah buka dari jam 6 pagi setiap harinya, lho. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang juga. Klik banner di bawah ini, ya. Happy shopping!


Baca juga: 10 Manfaat Beetroot bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

manfaat beetroot


Referensi: