Hi moms, tahu gak kalau bulan Februari dan Agustus itu adalah Bulan Vitamin A? Ya, vitamin A memang punya peranan yang sangat penting untuk menunjang tahap perkembangan bayi. Itu sebabnya, Pemerintah sampai mencanangkan Bulan Vitamin A untuk bayi dan anak ini.

Harapannya, anak-anak Indonesia bisa mendapatkan asupan vitamin A yang mencukupi sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, dan terhindar dari risiko gizi buruk.

Lantas, apa saja sih manfaat vitamin A untuk bayi? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Manfaat vitamin A untuk bayi

Berikut adalah beberapa manfaat vitamin A untuk si kecil yang penting untuk kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan mata

Kamu mungkin sudah tahu kalau vitamin A erat kaitannya dengan kesehatan mata. Nah, pada bayi, hal ini menjadi sangat penting karena organ-organ tubuhnya, termasuk mata, sedang dalam tahap perkembangan.

Jadi, pastikan asupan vitamin A-nya mencukupi agar mata si kecil sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin A juga berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan sistem imun bayi. Dengan asupan vitamin A yang cukup, si kecil jadi tidak mudah sakit.

3. Mengoptimalkan tumbuh kembang bayi

Peran vitamin A dalam mengoptimalkan perkembangan tubuh manusia bahkan sudah dari dalam kandungan. Vitamin yang disebut juga Retinol ini dibutuhkan janin maupun bayi yang baru lahir agar proses tumbuh kembang organ-organ tubuhnya seperti mata, ginjal, dan jantung berjalan baik.

Melansir HelloSehat, kekurangan vitamin A kerap menjadi penyebab bayi terlahir cacat dan/atau organ yang tidak berkembang sempurna pascalahir.

4. Menjaga kesehatan tulang

Meskipun perannya tidak sebesar kalsium maupun vitamin D, akan tetapi vitamin A juga dibutuhkan dalam proses perkembangan tulang, pun menjaga agar tulang tetap sehat.

Itu sebabnya, memberikan vitamin A untuk bayi dalam jumlah yang cukup juga bertujuan agar tulangnya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

5. Meningkatkan produksi sel darah merah

Selain zat besi, ternyata vitamin A juga turut berperan dalam meningkatkan produksi hemoglobin alias sel darah merah, lho.

6. Merawat kulit

Manfaat vitamin A untuk bayi lainnya adalah merawat kulit. Vitamin A menjaga kulit agar tetap lembap dengan cara mengoptimalkan produksi sebum.

7. Mencegah gizi buruk

Vitamin A termasuk nutrisi esensial untuk bayi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan bayi mengalami kondisi gizi buruk yang tentu aja bisa menghambat proses tumbuh kembangnya.

Berapa dosis vitamin A untuk bayi?

Dilansir dari Dinas Kesehatan Provinsi D.I Aceh, dosis pemberian vitamin A pada bayi dan anak adalah sebagai berikut:

  • Bayi usia 6-11 bulan: Kapsul 100.000 IU
  • Anak usia 1-5 tahun: Kapsul 200.000 IU

Beli suplemen vitamin online di HappyFresh Supermarket

Sekarang, kamu bisa beli suplemen vitamin secara online tanpa perlu keluar rumah di HappyFresh Supermarket, lho!

Selain itu, belanja di HappyFresh Supermarket juga #BisaDiatur jadwal pengirimannya sesuai keinginan kamu. Kamu pun sudah bisa mulai belanja dari jam 6 pagi setiap harinya!

Yuk, beli kebutuhan rumah mudah dan hemat di HappyFresh Supermarket. Klik banner di bawah ini, ya. Happy shopping!


Baca juga: Kapan Bayi Bisa Duduk? Ini 5 Tanda dan Cara Melatihnya

HappyFresh_UsiaBayiBelajarDuduk


Referensi: