Belanja sekarang!

Bagaimana cara memilih sayuran yang baik? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak kamu. Nah, kali ini HappyFresh mau kasih tips memilih sayur yang baik supaya manfaat sayur bisa benar-benar kamu rasakan.

Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Cara memilih sayuran yang baik

Berikut ini adalah tips memilih sayur yang bisa kamu terapkan:

1. Pastikan sayur tidak layu

Sayur yang baik dan segar bisa dilihat dari kondisi daunnya. Apabila daunnya layu, kemungkinan besar sayur memang sudah tidak fresh lagi.

Jadi, pastikan sayur yang mau kamu beli tidak dalam keadaan layu, ya.

2. Pastikan sayur bebas pestisida

Cara memilih sayur yang baik selanjutnya adalah dengan memastikan kalau sayur bebas pestisida. Pestisida sendiri adalah zat kimia yang biasa digunakan untuk mencegah hama pada sayur seperti ulat.

Apabila daun sayur bolong, itu pertanda sayur bebas pestisida karena artinya sudah dimakan ulat atau hama lainnya.

3. Periksa warna sayur

Ciri-ciri sayuran yang baik juga bisa terlihat dari warnanya. Idealnya, sayuran yang segar tidak berwarna pucat.

Selain itu, sayuran yang sudah tidak segar biasanya memiliki bintik-bintik hitam.

4. Periksa tekstur sayur

Kamu juga harus memperhatikan tekstur sayur sebelum membelinya. Rabalah permukaan sayur. Apabila terasa lembek, kemungkinan sayur sudah tidak fresh lagi.

5. Periksa aroma sayur

Aroma atau bau juga menjadi tolak ukur apakah sayur dalam kondisi baik atau tidak. Sayur yang masih segar tentu memiliki aroma yang segar pula.

Sebaliknya, apabila sayur mengeluarkan aroma yang kurang sedap, maka itu artinya sayur sudah tidak layak untuk diolah dan dikonsumsi.

6. Pilih sayur yang belum dibersihkan

Ini mungkin terdengar aneh, tapi memang sayur yang belum dibersihkan—artinya masih terdapat sisa-sisa lumput atau tanah—nyatanya lebih baik ketimbang sayur yang sudah dibersihkan.

Pasalnya, sayur tersebut belum melalui proses apapun sehingga lebih sehat dan segar. Kamu baru boleh membersihkannya saat akan diolah menjadi masakan.

7. Pilih sayur yang lebih muda

Cara memilih sayuran yang baik lainnya adalah, pilih sayuran yang masih muda. Sayur muda diklaim lebih menyehatkan, pun teksturnya empuk sehingga lebih bisa dinikmati.

8. Pilih sayur yang tidak keriput

Ciri-ciri sayur tidak segar salah satunya adalah sudah keriput. Ini utamanya ketika kamu hendak membeli sayur seperti ubi, kentang, atau bawang.

Sayur yang sudah keriput menandakan jika kondisinya sudah tidak segar lagi

9. Beli sayur saat sedang musimnya

Tips beli sayur yang juga sebaiknya kamu lakukan adalah, beli sayur saat sedang musimnya. Selain kondisinya masih segar, biasanya harga sayur juga lebih murah.

10. Beli sayur di tempat terpercaya

Terakhir, pastikan kamu membeli sayur di tempat yang terpercaya. Hal ini agar sayur yang kamu beli benar-benar berkualitas dan dijamin kesegarannya.

Beli sayur online di HappyFresh Supermarket, pasti fresh!

Nah, ngomong-ngomong soal sayur berkualitas, kamu bisa beli di HappyFresh Supermarket. Di sini, setiap produk segar seperti sayur dan buah-buahan sudah dijamin kualitas dan kesegarannya karena sudah melalui kontrol yang ketat.

Selain itu, kamu sudah bisa belanja dari jam 6 pagi setiap harinya. Oh iya, yang terpenting kamu jadi gak perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal belanja lewat aplikasi HappyFresh, lalu tunggu deh belanjaan kamu diantar oleh rider kami.

Yuk, beli sayur segar di HappyFresh Supermarket! Selamat berbelanja, ya!

Diskonnya cuma sampai besok, buruan ambil!

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jeruk yang Manis, Simak Yuk!

cara-memilih-jeruk-yang-manis