Install Sekarang!

Apakah kamu penggila kopi atau penikmat kopi awam? Tidak masalah, HappyFresher! Kalau kamu penasaran dengan manfaat kopi hitam, macam macam kopi hitam, atau cara membuat kopi toraja yang nikmat, kamu harus banget simak informasinya di bawah sini.

Apa Saja Manfaat Kopi Bagi Kesehatan?

  1. Minum kopi di saat ngantuk bisa bikin mata melek di siang atau malam hari.
  2. Menghirup aroma kopi ternyata setara dengan antioksidan tiga buah jeruk. Baru tahu, kan?
  3. Meminum kopi setiap hari meningkatkan hormon serotonin yang bisa bikin kamu gak stres.
  4. Lagi diet? Kafein dalam kopi dapat membantu pelepasan lemak dalam tubuh.
  5. Ternyata kafein pun dapat membantu mengencangkan kulit, lho!
  6. Kopi bisa membantu meningkatkan stamina dan energi saat berolahraga.
  7. Menurut penelitian Universitas Harvard, kafein bisa membantu otak untuk mengingat lebih banyak dan labih lama. Minumlah kopi saat akan ujian ya, HappyFresher!
  8. Mereka yang meminum 2-4 cangkir kopi setiap hari memiliki 18 persen kemungkinan meninggal lebih rendah menurut Annals of Internal Medicine.

Wah, ternyata baik juga ya manfaat dari mengkonsumsi kopi. Selain manfaatnya, yuk bahas juga macam macam kopi hitam yang sudah tak asing didengar oleh para pecinta kopi.

 

cara membuat kopi

Apa saja macam macam kopi dan perbedaannya?

Kopi memiliki jenis yang beragam, mulai dari kopi Arabika, Robusta, Liberica, hingga Excelsa. Dari keempat macam macam kopi tersebut, kopi Arabika dan Robusta adalah varietas terbesar yang ada di Indonesia dan telah digunakan di banyak kafe atau kedai kopi.

Kopi Arabika dikenal memiliki bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi Arabika pun lebih rendah, yaitu 0,8 – 1,4%, jadi rasanya pun tidak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Kopi Arabika hanya tumbuh baik apabila ditanam di dataran tinggi yang bersuhu dingin. Tanaman kopi jenis ini juga butuh perawatan yang lebih baik karena rentan penyakit karat daun. Kopi Arabika dikenal memiliki aroma buah-buahan atau bunga-bungaan. Rasanya pun lebih halus dan penuh.

Jenis kopi Arabika yang populer di Indonesia adalah Kopi Gayo, Toraja, Wamena, dan beberapa kopi Bali dan Flores. Jenis-jenis kopi tersebut patut banget untuk kamu coba!

Nah, sedangkan untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan besar. Tanaman kopi Robusta bisa tumbuh apabila ditanam di dataran rendah, serta tahan akan serangan penyakit.

Ciri yang paling khas akan kopi Robusta adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 – 4%, sehingga rasanya menjadi lebih pahit dan tingkata keasamannya lebih rendah.

Aroma yang biasa muncul pada kopi Robusta adalah aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. Robusta juga panen lebih cepat, bisa hingga tiga kali panen setiap tahunnya. Adapun daerah di Indonesia yang terkenal dengan penghasilan kopi Robusta yaitu Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

 

cara membuat kopi

Bagaimana cara membuat kopi Toraja yang nikmat maksimal?

Bagi para pecinta kopi susu, resep cara membuat kopi Toraja di bawah ini wajib banget kamu coba di rumah. Kamu nggak perlu pakai mesin pembuat kopi yang besar atau mahal. Cukup memakai microwave dan Minipresso atau alat pembuat kopi portable lainnya.

Bahan-bahan:

Cara membuat foam susu:

  1. Masukkan susu tanpa lemak kedalam toples tahan panas dan tutup rapat.
  2. Shake toples tersebut. Usahakan untuk shake terus-menerus dengan cepat selama satu menit.
  3. Buka penutup toples, lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik.
  4. Foam susu akan terbentuk dengan sendirinya dan siap untuk digunakan.

Cara membuat cafe latte kopi Toraja:

  1. Siap cangkir untuk kopi yang biasa kamu gunakan.
  2. Masukkan bubuk kopi dan air panas ke dalam Minipresso.
  3. Pencet alat Minipresso hingga espressomu pun jadi.
  4. Setelah espresso masuk ke dalam cangkir, masukkan susu.
  5. Tambahkan juga foam susu yang telah dibuat.
  6. Taburkan bubuk cocoa di atas foam apabila suka.

Itulah dia, HappyFresher! Manfaat kopi, macam macam kopi, dan cara membuat kopi yang pastinya mantap betul.

 

harga promo menarik

Pastinya sudah gak sabar kan untuk mencoba cara membut kopi di atas? Jangan biarkan kesibukanmu mengganggu rencana membuat kopi bersama keluarga. Belanja aja bahan-bahannya di HappyFresh!

Kunjungi website HappyFresh, pilih kopi Toraja, susu tanpa lemak, dan belanjaanmu pun akan driver kami antar. Urusan membuat kopi jadi mudah, kan?