Install Sekarang!

Saat musim hujan tiba, udara kadang terasa panas atau dingin, dan hujan pun datang tak menentu. Mau tahu cara mengobati batuk pada bayi, HappyFresher? Mulai dari anak-anak bahkan hingga orang dewasa, banyak yang terkena penyakit flu, pilek, batuk, demam, masuk angin, bahkan sampai diare.

Jangan sampai aktivitas dan pekerjaanmu terganggu! Yuk simak cara melindungi anak saat musim hujan, cara mengobati batuk pada bayi, dan daftar penyakit yang rentan menyerang anak saat musim hujan di bawah sini.

Cara Melindungi Anak Saat Musim Hujan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

1. Batuk & Bersin? Tutup Hidung dan Mulut dengan Lipatan Siku

Seringnya, kita secara otomatis akan menutup hidung dan mulut dengan kedua telapak tangan saat bersin. Namun, Kita disarankan untuk jauhkan tangan dari wajah, terutama, hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Area tersebut dianggap sebagai jalan masuk virus flu ke dalam tubuh anak.

2. Selalu Menjaga Kebersihan

Biasakan anak untuk selalu mencuci tangan dan kaki disaat setelah bermain di luar, keluar dari kamar mandi, setelah bermain dengan binatang peliharan, sebelum makan dan tidur. Dengan mencuci tangan, kita bisa menghindari banyak bakteri masuk ke tubuh.

3. Gunakan Masker Pada Anak

Berilah penjelasan yang logis dan sederhana kepada anak dan bujuk anak apabila ada teman yang terkena flu di sekolah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu buang masker yang telah dipakai dan cucilah tangan dengan benar.

4. Selalu Siap Dengan Jas Hujan

Tak hanya jas hujan, kamu juga bisa menyiapkan payung dan sepatu boots untuk menhindari anak dari air hujan serta genangan air. Apabila kamu mengendarai motor, pastikan untuk selalu memakai jaket dan jas hujan saat berkendara.

5. Hindari Berbagi Peralatan Makan

Meskipun terasa praktis, ternyata berbagi peralatan makan antara anggota keluarga bisa menjadi salah satu media penularan penyakit pada anak, lho. Sebaiknya hindari kebiasaan berbagi peralatan makan di antara anggota keluarga, termasuk menghabiskan sisa makanan di piring anak-anak.

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

1. Tingkatkan Cairan Tubuh Bayi

Cairan tambahan bisa memudahkan bayi untuk mengurangi pilek, lendir di hidung dan bernapas. Kamu bisa memberi bayi air putih, susu atau bahkan jus. Untuk bayi yang berusia di bawah enam bulan, pemberian ASI ekstra sangatlah dianjurkan.

2. Berikan Madu Secukupnya

Madu mengandung vitamin C, antioksidan dan antibakteri yang baik untuk kesehatan tubuh. Memberikan 1/2 sendok teh madu saat sebelum tidur mampu meringankan batuk pada bayi. Namun, pemberian madu ini hanya bisa dilakukan pada bayi berusia di atas satu tahun.

3. Naikkan Kepala Bayi

Apabila bayi terlihat sulit bernapas karena pilek dan hidung tersumbat, kamu bisa coba taruh bantal yang tidak terlalu tebal atau handuk yang dilipat di bawah kepala bayi yang dibaringkan. Ini akan membantu bayi untuk lebih mudah bernapas.

4. Berikan Makanan Yang Meringankan Batuk

Jika bayi sudah berumur satu tahun ke atas, kamu bisa memilih makanan yang lembut bagi si bayi. Contohnya, seperti puding, yogurt, dan saus apel. Jika bayi menyukai makanan yang hangat, kamu bisa memberikannya kaldu ayam, atau puding hangat yang baru saja dibuat.

5. Berikan Waktu Istirahat Yang Cukup

Batuk dan pilek dapat membuat bayi kehilangan nafsu makan, gelisah, dan sulit beristirahat. Pastikan bayi mendapatkan istirahat yang cukup dengan menidurkannya ketika waktunya beristirahat dengan cara menggendong ataupun membaringkannya di ranjang.

6. Berikan Obat Penurun Demam

Apabila bayi telah berusia 37 pekan dan dengan berat lebih dari 4 kg, kamu bisa memberikan obat paracetamol untuk bayi. Jika beratnya telah mencapai 5 kg dan berusia lebih dari 3 bulan, kamu pun bisa memberikan ibuprofen. Tentu saja akan lebih baik dengan persetujuan dari dokter spesialis.

7. Berikan Uap Panas

Salah satu cara mengobati batuk pada bayi yaitu cukup dengan mendekatkan bayi pada air panas dalam ember kecil atau pancuran, uap panas dapat meringankan pilek, hidung tersumbat dan batuknya. Namun, pastikan agar bayi tidak terkena air panas tersebut.

Apakah Harus Dibawa Ke Dokter?

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi

Anak disarankan untuk dibawa ke dokter saat mempunyai tanda-tanda seperti di bawah ini,

  • Batuknya tak kunjung reda setelah lima hari
  • Suara batuk bayi semakin memburuk
  • Temperaturnya mencapai 38 derajat C, jika bayi berusia di bawah 3 bulan
  • Jika usianya di bawah enam bulan, temperaturnya mencapai 39 derajat C
  • Saat pernapasannya bermasalah
  • Dahak yang keluar berwarna hijau, cokelat dan kuning

Nah itulah dia, cara melindungi anak saat musim hujan, cara mengobati batuk pada bayi, dan daftar penyakit yang rentan menyerang anak saat musim hujan telah dibahas di atas. Semoga bermanfaat ya, HappyFresher.

Harus belanja bulanan ke supermarket tapi lagi hujan deras banget? Jangan khawatir! Kunjungi website HappyFresh atau unduh aplikasinya di Appstore atau Playstore dalam telepon genggam pintarmu.

Tinggal pilih barang, pesan, dan bayar. Lalu, belanjaan kamu pun akan dipilih oleh personal shopper yang terlatih dan dikirim oleh driver HappyFresh yang professional. Urusan belanja jadi mudah, kan?