Install Sekarang!

Bagaimana tradisi daerahmu dalam merayakan Maulid Nabi? Ternyata, ada banyak macam tradisi warga daerah di Indonesia untuk merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Mulai dari tradisi Grebeg Maulud yang dilakukan oleh warga Yogyakarta, hingga tradisi memasak Lemang warga Aceh akan HappyFresh bahas dalam artikel ini. Simak terus ya, HappyFresher!

1. Grebeg Maulud, Yogyakarta

maulid nabi

Ada tiga perayaan Grebeg yang dirayakan oleh warga Yogyakarta, yaitu Grebeg Syawal, Grebeg Maulud, dan Grebeg Besar. Tradisi Grebeg ini menghadirkan parade prajurit Keraton, dan 7 buah Gunungan yang merupakan tumpukan makanan, yang diarak dari Keraton Yogyakarta sampai Kadipaten Pura Pakualam.

2. Bunga Lado, Padang

Bunga Lado ada pohon yang dihias dengan uang kertas sebagai daunnya. Pohon yang dibuat oleh warga Padang Pariaman ini nantinya disumbangkan kepada panti asuhan atau pembangunan mesjid. Makna dari tradisi Bunga Lado ini adalah untuk menunjukkan rasa syukur dan berbagi rezeki kepada orang lain.

3. Muludhen, Madura

Tradisi Muludhen yang digelar oleh warga Madura dirayakan dengan cara berbondong-bondong mengunjungi mesjid, membacakan riwayat hidup Nabi (barzanji), dan selingan ceramah keagamaan. Kemudian, para perempuan membagikan tumpukan makanan yang didoakan dan dimakan bersama.

4. Baayun Maulid, Banjarmasin

Untuk memperingati Maulid Nabi, warga Banjarmasin menggelar tradisi Baayun Maulid yang diikuti oleh bayi hingga orang dewasa. Baayun Maulid dirayakan dengan cara membuat ayunan khusus yang dihias oleh janur dengan harapan dan makna tertentu.

5. Lemang, Aceh

maulid nabi

Tradisi memasak Lemang masyarakat Aceh dalam memperingati Maulid Nabi ternyata merupakan warisan dari suku Alas. Lemang adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan air santan. Kedua bahan tersebut dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar secara tradisional dengan kayu selama empat jam.

Unik-unik banget ya tradisinya, HappyFresher! Bagaimana dengan tradisi daerahmu? Apa mungkin lebih unik lagi dari kelima tradisi di atas?

Penasaran dengan Lemang khas Aceh yang terbuat dari ketan dan air santan? Coba deh, buat sendiri di rumah. Siapa tahu masakan kamu malah lebih enak.

Kunjungi situs HappyFresh atau unduh aplikasinya dalam Appstore atau Playstore. Pilih barang, pilih slot waktu pengantaran, bayar, dan belanjaan kebutuhan sehari-harimu pun akan kami antar.

Urusan belanja jadi mudah, kan?