Install Sekarang!

Tahun 2019 merupakan tahunnya seluruh bangsa Indonesia untuk berpolitik. Nah, pastinya ada kan di antara kamu yang baru akan mencoblos pemilu tahun ini? Bukan hanya kamu kok yang bingung. Banyak juga orang yang pernah mencoblos 5 tahun yang lalu sudah lupa lagi bagaimana tata caranya. Tenang! HappyFresh sudah mengumpulkan nih semua tips saat menjelang pemilu di bawah sini.

Jari kelingking yang sudah terkena tinta setelah mencoblos di pemilu

Tips Memilih Capres & Cawapres Ala Najwa Shihab

1. Cek Masa Lalunya

Memilih pasangan aja harus dicek masa lalunya apa pernah berbuat yang aneh-aneh, apalagi memlih calon presiden. Pastinya kita harus tahu apa saja yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Menurut Najwa Shihab, penting banget untuk tahu apakah ambisi capres bisa terwujud apabila dilihat dari apa yang telah dia lakukan di masa lalunya.

2. Cek Program yang Ditawarkan

Coba bandingkan program yang ditawarkan oleh calon presiden dengan calon presiden yang lainnya. Kemudia pilihlah yang mana menurutmu paling baik untuk bangsa Indonesia. Disinilah bagaimana pilihan kamu bisa berpengaruh pada masa depan sebuah negara.

3. Kenali Karakternya Lebih Mendalam

Untuk mengenal capres dan cawapres dengan lebih mendalam kamu tidak perlu sampai mengenal mereka secara pribadi. Misalnya, kamu cukup dengan mengamati siapa saja orang-orang yang selalu berada di sekitarnya.

Setelah yakin dan mantap akan pilihan hatimu, sekarang saatnya untuk mempersiapkan diri untuk proses pencoblosan esok hari di Tempat Pemilihan Suara (TPS). Selain berpakaian rapi yang selayaknya, sudah tahukah kamu apa saja yang harus kamu bawa ke TPS? Yuk, cari tahu di bawah sini.

seorang wanita sedang memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat mencoblos di pemilu

Bawa Berkas Ini Saat Pergi ke TPS

  • TPS akan dibuka secara serentak pukul 07.00 pagi, hari Rabu, 17 April 2019.
  • Pemilih harus membawa KTP Asli dan Formulir C6.
  • Formulir C6 adalah undangan bagi para pemilih untuk mencoblos di TPS.
  • Formulir C6 bisa didapatkan dari KPPS di hari pemungutan suara.
  • Bawa surat keterangan perekaman E-KTP, apabila sedang dalam proses pembuatan E-KTP.

Sudah siap semua dong berkas-berkasnya untuk memilih calon pemimpin Indonesia selama 5 tahun mendatang? Biar gak bingung saat di dalam bilik suara, mending kita simak yuk 5 desain surat suara untuk pemilu besok.

5 Desain Surat Suara Pemilu Tahun 2019

a. Surat Suara Pilpres

Sumber: kumparan.com

Cara mencoblos: Coblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau gambar partai politik pengusul dalam satu kotak pada surat suara.

Surat Suara DPR

Sumber: kumparan.com

Cara mencoblos: Coblos satu kali pada nomor, atau gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPR.

Surat Suara Pileg DPRD Provinsi


Cara mencoblos: Coblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPRD.

Surat Suara Pileg Kabupaten/Kota

Sumber: kumparan.com

Cara mencoblos: Coblos satu kali pada nomor atau gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPRD kabupaten atau kota.

Surat Suara Pileg DPD

Sumber: kumparan.com

Sumber: kumparan.com

Sumber: kumparan.com

Cara mencoblos: Coblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon.

Udah tenang deh sekarang, jadi besok tinggal berangkat aja langsung ke TPS. Mulai dari tips memilih capres dan cawapres, apa saja yang harus dibawa saat mencoblos, hingga 5 desain surat suara 2019 sudah kamu ketahui kan, sekarang? Tinggal nikmatin liburan akhir pekan yang panjang aja deh.

Mau nikmati liburan tanpa diganggu belanja ke supermarket? Jangan sedih! Mending kunjungi situs HappyFresh, atau download aplikasinya di App Store atau Play Store dalam telepon genggam pintarmu. Ngebantu banget, kan?