HappyFresh Incentive Banner

Tidak cuma cara menyimpan bahan makanan yang perlu diperhatikan. Kita juga perlu rutin cek kesegaran produk pangan yang disimpan terutama untuk makanan segar seperti sayur, buah, daging sapi dan ayam. Di sini HappyFresh ingin membagikan tips cara periksa kesegaran bahan makanan, yaitu selada, alpukat, lemon, kiwi, ayam, daging sapi, ayam, dan ikan. Keep scrolling untuk lihat tips selengkapnya.

Selada

dua-sayur-selada-makanan-segar

Tahukah kamu jika selada memiliki banyak manfaatnya? Dilansir dari hellosehat, selada mengandung asam folat yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel penyebab penyakit jantung.  Selain itu, juga dapat meningkatkan daya imun tubuh berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Masih banyak manfaat baik dari selada yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Cpbalh untuk periksa dengan teliti selada yang kamu beli. Pastikan kepala selada (tangkai penyatu di bagian bawah selada) warnanya jernih, dan selada segar seharusnya crunchy saat dipotong atau dicabut dari batangnya.

Alpukat

alpukat-matang-makanan-segar

Kamu salah satu penggemar jus alpukat? Untuk bisa diolah menjadi jus atau makanan pemilihan alpukat sangat penting. Cara memilih alpukat yang matang dan konsumsi bisa dilihat dari berbagai cara, misalnya dengan memerhatikan warna kulitnya. Ciri alpukat yang sudah matang biasanya berwarna hijau tua dan sedikit kehitaman. Sedangkan, alpukat yang belum matang memiliki warna hijau terang.

Lemon

bahan-makanan-lemon

Sedap untuk diminum atau dijadikan pelengkap hidangan, lemon merupakan salah satu bahan makanan yang cukup mudah dicek kesegarannya. Lemon berbentuk bulat mengandung lebih banyak jus di dalamnya dibanding yang lonjong, dan lemon kuning terang punya lebih banyak vitamin C. Kalau lemon terasa lembek, dan semburat warna hijau mulai terlihat, artinya lemon sudah tak layak konsumsi.

Slide 1
 

Kiwi

buah-kiwi-di-wadah-makanan-segar

Selain jeruk, kiwi juga dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Cara untuk mengetahui kesegaran kiwi bisa dilihat dari teksturnya. Jika saat ditekan di bagian titik tangkai terasa agak keras namun masih empuk, bisa dibilang kiwi masih dalam keadaan baik. Jika sudah terlalu lembek, kemungkinan besar kiwi sudah busuk.

Ayam

produk-pangan-ayam-mentah

Daging ayam segar warnanya lebih ke pink muda dan saat dipegang, teksturnya kencang dan tidak lembek. Jika warna ayam sudah agak keabu-abuan atau transparan, kemungkinan daging ayam sudah tidak segar lagi.

Daging sapi

bahan-makanan-daging-sapi-mentah

Sebagai bahan makanan pokok, kamu wajib tahu juga cara cek kesegaran daging sapi yang dibeli. Pastikan warna daging merah terang, dan tidak ada titik-titik biru di permukaan. Selain itu, adanya myoglobin (genangan merah yang keluar dari daging) juga merupakan indikator kesegaran daging merah.

Ikan

produk-pangan-ikan-salmon-segar

Last but not least, ikan! Kesegaran ikan berpengaruh besar dalam rasanya saat dimasak. Cara ketahui kesegaran ikan cukup mudah dilihat dari luar. Mata ikan yang terlihat jernih, sisik yang masih mengkilat, dan bau lautan atau rumput laut yang keluar dari ikan adalah indikator besar kesegaran ikan. Jika insang ikan sudah licin atau berwarna abu-abu, ikan sudah tidak segar.

Itulah beberapa tips cek kesegaran bahan makanan dari HappyFresh! Jangan lupa, untuk pastikan kesegaran produk pangan milikmu, gunakan fitur shopper notes di aplikasi saat memesan belanjaan.  Personal shopper terlatih HappyFresh akan carikan bahan makanan segar sesuai dengan preferensimu. Sudah siap belanja sekarang? Klik tombol di bawah ini untuk mulai berbelanja.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Penting! Ini 5 Cara Menyimpan Sayur dan Buah agar Tetap Tahan Lama

cara menyimpan sayur


Referensi: