Install Sekarang!

Hai, HappyFresher! Sudah menjadi kewajiban bagi kaum muslim untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Nah, tapi apa kalian tahu apa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak 5 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang sudah kamu rangkum hanya untuk kamu.

1. Memperbaiki fungsi otak
Puasa dapat meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi telah menunjukan bahwa berpuasa dapat mendorong produksi sejenis protein yang bisa mencegah perubahan sel otak yang biasa terjadi pada pengidap penyakit Alzheimer’s dan Parkinson’s.

2. Memperbaiki sistem imun
Dengan puasa, kita dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan secara alami memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Sama halnya dengan binatang, saat kesehatan mereka menurun, binatang akan berpuasa dan fokus untuk beristirahat, agar tubuh mereka bisa melawan infeksi secara alami.

3. Mencegah timbulnya jerawat
Saat berpuasa, energi yang tadinya diperlukan untuk mencerna makanan akan berpindah fokus pada regenerasi sel lainnya. Nah, salah satunya adalah regenerasi kulit. Selain itu, berpuasa juga bisa membantu membersihkan racun-racun dari dalam tubuh kita.

4. Mempercepat metabolisme
Puasa memberikan sistem pencernaan kita waktu istirahat. Ini bisa memberikan tubuh kita energi untuk membakar kalori dengan lebih efisien. Puasa pun akan berefek pada kesehatan usus kita.

5. Memperpanjang umur
Percaya atau tidak, sebuah studi menyatakan bahwa semakin jarang kamu makan, maka akan semakin panjang umurmu. Salah satu unsur dalam penuaan adalah metabolisme yang melambat. Maka dari itu, dengan berpuasa, kita dapat membuat tubuh kita bekerja seperti saat muda kembali.

Kira-kira begitulah 5 manfaat dan fungsi puasa bagi kesehatan tubuh kita. Nah, sebentar lagi bulan puasa akan datang, jangan sampai bolong-bolong, ya, puasanya! Biar, manfaat dan keberkahannya bisa kita rasakan. Selamat menjalani ibadah puasa, HappyFresher!

HappyFresher, mau tahu manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita?