Install Sekarang!

Sedih, terkejut, dan bingung, semua emosi rasanya menumpuk menjadi satu saat mendengar teman atau anggota keluarga pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara. Sebagai orang terdekat, terkadang kita pun bingung cara menyikapi situasi seperti ini. Namun, menurut beberapa penelitian, dukungan dari orang-orang terdekat bisa meningkatkan motivasi pengidap kanker. Suasana kebersamaan saat pendampingan dalam menghadapi situasi sulit tersebut mempengaruhi tingkat keberhasilan pengobatan. Dalam rangka peringatan bulan kanker payudara, berikut 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk mendukung orang-orang terdekatmu agar mereka tetap semangat menghadapinya.

1. Tanyakan apa hal yang sangat Ia perlukan

dukungan terhadap pasien kanker payudara

Saat seseorang didiagnosis menderita kanker payudara, mungkin mereka belum tahu hal yang sangat dibutuhkan. Namun, sebagai orang terdekat kita perlu menanyakan hal ini untuk membantunya menghadapi situasi sulit. Dilansir dari Seleni.org, Amy Schreibman Walter, 41, didiagnosis menderita kanker di bulan Juli 2017. Saat itu ia belum tahu apa yang diperlukannya, namun seorang sahabatnya bertanya dengan tegas kepadanya jika orang-orang terdekatnya ingin membantunya dan Amy perlu memberitahu mereka apa yang dibutuhkannya. Nggak perlu ragu untuk menunjukkan rasa simpati atau empatimu. Namun, hindari untuk menyampaikan kalimat seperti, “Aku mengerti perasaan kamu atau jangan khawatir”, dan lain sebagainya.

2. Persiapkan diri

motivasi untuk penderita kanker payudara

Menurut Rachel Cannady, strategic director of cancer caregiver support dari American Cancer Society, pejuang kanker payudara cenderung memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi. Karenanya, saat ingin mendukung orang terdekat kita yang menderita kanker, kita perlu memahami dulu cara menghadapi ketakutan dari diri sendiri soal penyakit kanker. Mungkin kita bisa mencari informasi yang tepat soal penyakit tersebut. Dengan mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya, kita pun bisa lebih siap saat menghadapi hal yang menjadi fokus perhatian pasien.

3. Mendukung keputusan pasien

mendukung keputusan kanker payudara

Saat menjalani pengobatan, pasien akan menghadapi berbagai keputusan penting seperti kemoterapi, radiasi atau mastectomy. Tugas kita adalah untuk menjadi pendengar yang baik tanpa perlu menghakimi. Jika pasien bertanya apa yang harus dilakukannya, beri dukungan dengan menjabarkan hal-hal pro dan kontra jika ia mengambil salah satu keputusannya tersebut.

4. Selalu bersama pasien

dukungan pasien kanker payudara

Pengobatan kanker payudara menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, kelelahan, muncul sariawan, rambut rontok atau pembengkakan di area yang terkena radiasi. Di momen seperti inilah kehadiranmu sangat dibutuhkan. Bantu orang terdekatmu ini untuk kuat menghadapi situasi yang nggak menyenangkan seperti ini.

5. Ciptakan suasana yang nyaman dan bahagia

breast cancer awareness

Berikan sesuatu yang membuat pasien lebih merasa nyaman dan bahagia. Misalnya, jika Ia suka membaca, bawalah buku-buku yang menginspirasi dan menghiburnya. Sebagai sosok terdekatnya, pastikan kita bisa memenuhi hal yang dibutuhkan untuk bisa menyemangatinya.


BACA JUGA: 6 Makanan Ampuh Cegah Kanker Payudara, Cari Tahu Yuk!


Ingatlah setiap tindakan kecil sangat berarti untuknya. Karenanya, usahakanlah untuk menghabiskan setiap waktu #SelaluBersama dengannya. Saat kamu sedang memfokuskan perhatianmu untuk mendukung penderita kanker, jangan abaikan pula anggota keluarga lainnya. Penuhi kebutuhan harian mereka dengan menyediakan bahan makanan yang sehat. Biarkan HappyFresh membantumu untuk membeli persediaan tersebut. Kamu bisa memesannya melalui aplikasi dan pilih supermarket yang terdekat dari rumahmu.