promo new user
Cek Diskon Terbaru!

Menghabiskan quality time bersama teman atau keluarga memang paling pas ditemani dengan camilan dan minuman yang tepat. Nah, sama halnya dengan wine, bir juga memiliki beberapa camilan yang cocok banget untuk dijadikan sebagai makanan pendamping. Namun, food pairing ini harus disesuaikan dengan jenis birnya, seperti 6 jenis makanan di bawah ini.

1. Bir Lager dan kentang goreng

camilan pendamping bir

Bir jenis ini dibuat dengan menggunakan ragi pada suhu dingin. Bir ini yang biasanya paling banyak diminum oleh orang karena rasanya yang ringan dan menyegarkan. Lager juga memiliki beragam jenis mulai dari light lager, pale lager dan dark lager. Ada banyak camilan yang bisa kamu jadikan pendamping minuman bir jenis ini, salah satunya adalah kentang goreng.

2. Bir Ale dan Pizza

makanan untuk hangout

Ale dibuat dari sari malt barley dan melalui proses fermentasi dengan suhu yang cukup tinggi. Ale memiliki rasa yang cukup manis dengan aroma buah yang kuat. Minuman bir ini cocok didampingi dengan makanan yang pedas dan gurih seperti pizza.

3. Bir Pilsner dan sosis

makanan pendamping bir

Pilsner pertama kali ditemukan oleh seorang pria asal Jerman bernama Josef Groll. Bir ini dibuat dengan menggunakan malt yang direndam dalam campuran air ragi. Pilsner sebenarnya masuk dalam kategori bir Lager. Namun, hal yang membuatnya berbeda adalah tambahan rempah-rempah yang disebut hops. Rempah-rempah ini menghasilkan rasa tajam beraroma floral. Inilah yang membuat pilsner memiliki rasa unik.

Nah, bir pilsner paling enak didampingi dengan sajian sosis. Kamu bisa menyajikan hidangan sosis seperti hotdog yang diolesi dengan keju atau cukup dipanggang.

4. Bir Stouts dan coklat

kue coklat sebagai camilan pendamping bir

Stouts terkenal dengan warna yang hitam dan pekat. Bir ini memiliki rasa yang pahit jika dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun memiliki tampilan yang demikian, stouts sebenarnya nggak memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Bir ini biasanya dikategorikan dengan aroma tajam seperti coklat atau kopi. Karenanya, camilan yang cocok untuk pendamping minuman ini adalah coklat.

5. Bir Cider dan salad

makanan ringan

Cider terbuat dari sari apel yang difermentasikan. Kadar alkohol dalam cider terbilang rendah, yaitu sekitar 6-8%. Bir jenis sangat terkenal di Inggris terutama di Irlandia. Bir cider akan terasa lebih nikmat jika didampingi dengan keju atau salad.

6. Bir gandum dan kue tart buah

kue tart, pendamping bir

Sesuai dengan namanya bir ini dibuat dari 50% gandum dibandingkan jumlah jelai atau malt. Bir ini terasa ringan dan menyegarkan sehingga cocok didampingi dengan camilan seperti kue tart buah, pastry, atau salad.


BACA JUGA: Selamat Hari Bir Sedunia! Ini Dia, 3 Resep Menarik Mengandung Bir


Enak semua ya makanan di atas? Pasti bikin nongkrong makin seru deh. Biar momen kebersamaanmu tersebut nggak terganggu, kamu bisa menyerahkan urusan stok dapur ke HappyFresh. Tinggal pilih lokasi supermarket terdekat dan jadwal pengantarannya. Belanjaanmu akan langsung diantarkan ke rumah. #SelaluBersama HappyFresh bikin semuanya jadi mudah dan nyaman ‘kan? Yuk, belanja sekarang.