Install Sekarang!

Mencintai diri sendiri bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana seperti merawat diri khususnya perawatan tubuh.

Cara merawat tubuh nggak harus melulu pergi ke salon. Kamu juga bisa melakukannya di rumah dimulai dari memilih sabun yang tepat sesuai jenis kulitmu. Temukan selengkapnya di bawah ini yuk.

1. Pemilik kulit berminyak

sabun sesuai jenis kulit

Pemilik jenis kulit berminyak biasanya memiliki produksi sebum yang berlebihan. Karenannya, bagi kamu dengan jenis kulit ini sebaiknya memilih sabun mandi dengan kandungan tea tree atau asam glikolat. Selain kandungan ini, kamu juga bisa mencari sabun yang memiliki kandungan sea salt, oatmeal, atau brown sugar.

2. Sabun untuk kulit kering

sabun sesuai jenis kulit

Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, pemilik jenis kulit kering justru memiliki produksi sebum yang rendah. Saat kamu memilih sabun mandi, carilah produk yang memiliki kandungan shea butter atau aloe vera. Kedua bahan ini dikenal memiliki manfaat yang dapat melembapkan tubuh dan nggak membuat kulit terasa kencang setelah mandi.

3. Sabun untuk jenis kulit sensitif

sabun sesuai jenis kulit

Redakan kulit sensitif dengan produk yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya. Selain itu, perlu diingat untuk mencari sabun yang bebas wewangian (fragrance) dan kandungan alkohol. Kamu bisa membeli produk yang  kandungan gliserin karena dapat menjaga kelembapan kulit. Lalu, kandungan minyak biji bunga matahari dan madu juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena bisa meredakan iritasi kulit sensitif.

4. Sabun untuk jenis kulit kombinasi

sabun sesuai jenis kulit

Jika kamu menemukan beberapa area tubuh yang terasa kering dan mudah iritasi, tapi di sisi lain juga terasa berminyak, hal ini menandakan jika kamu memiliki kulit kombinasi. Sebaiknya, pilihlah produk dengan jumlah kandungan kimia minimal dan carilah yang berkomposisi bahan seperti gliserin.

5. Sabun untuk jenis kulit normal

produk perawatan kulit normal

Berbahagialah kamu yang memiliki jenis kulit normal. Pasalnya kamu bisa menggunakan jenis sabun mandi dengan berbagai macam kandungan. Tapi sebaiknya jaga level pH kulitmu tetap seimbang dengan nggak memilih sabun yang terlalu melembapkan atau berkomposisi bahan untuk kulit berminyak. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan herbal.


BACA JUGA: 5 Manfaat Retinol untuk Kulit, Bolehkah untuk Ibu Hamil?

manfaat retinol


Apapun jenis kulitmu selalu pastikan untuk memilih produk dengan kandungan yang tepat. Selalu baca komposisi kandungan yang tertera dibalik kemasannya. Selain itu rawatlah tubuh dengan cara menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan dampak buruk polusi. Nah, kamu pun bisa menghindari polusi dengan belanja kebutuhanmu menggunakan HappyFresh. Kamu tinggal duduk santai memilih bahan belanjaan dari supermarket favorit dan akan langsung diantarkan oleh rider sesuai dengan jadwal pengantaran yang dipilih. Cobain sekarang yuk!