Telur menjadi salah satu bahan makanan yang harus selalu tersedia di rumah untuk diolah menjadi telur rebus, balado, dan menu lainnya. Namun, masalahnya terkadang kita lupa sudah berapa lama menyimpannya di dalam kulkas. Alhasil, kita sering menemukan beberapa telur sudah terlanjur menjadi busuk. Ada 5 cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk membedakan telur busuk atau segar. Berikut ciri-ciri telur busuk yang perlu kamu perhatikan.

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

membedakan telur busuk

Jika kamu sering membeli telur di supermarket sebaiknya periksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang biasanya tertera pada karton. Dilansir dari berbagai sumber, tanggal kedaluwarsa memiliki waktu 30 hari setelah pengemasan.

2. Ciri-ciri telur busuk mengeluarkan aroma yang tak sedap

membedakan telur busuk

Tips kedua ini merupakan cara lama, simpel, dan tercepat yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kesegaran telur. Telur yang busuk biasanya akan mengeluarkan aroma tak sedap baik saat dalam keadaan mentah atau saat sedang dimasak.

3. Ciri-ciri telur busuk lainnya adalah mudah mengapung di air

membedakan telur busuk

Teknik merendam telur dalam air menjadi cara lain untuk memeriksa telur. Jika telur tenggelam dengan posisi tertidur berarti kamu masih bisa mengolahnya. Namun, bila telur langsung mengapung saat dimasukkan ke dalam air, hal ini menunjukkan telur sudah nggak segar lagi.

4. Cobalah periksa dengan menggunakan senter

membedakan telur busuk

Cara ini terdengar unik ya? Tapi kamu pasti bisa segera mengetahui apabila telur sudah tak lagi untuk dikonsumsi. Jika bagian dalam telur terlihat terang saat disorot lampu berarti sumber protein ini masih segar. Namun, jika warnanya sudah terlihat buram, lebih baik kamu segera membuang telur tersebut.

5. Periksa cangkang telur

membedakan telur busuk

Jika kamu melihat cangkang telur sedikit lengket dan terdapat bercak putih sebaiknya jangan diambil. Pasalnya, bercak tersebut bisa menjadi indikasi jika telur tersebut sudah berjamur. Bila kamu masih ragu cobalah untuk memecahkan telur ke dalam mangkuk dan lihatlah adakah bercak hijau, hitam atau biru. Jika terdapat bercak tersebut, segeralah membuang telur dan cuci mangkuk yang digunakan dengan air panas.

Coba sekarang periksa kembali telur dalam kulkasmu. Apakah persediaan telurmu masih layak untuk diolah? Jika ada beberapa yang busuk, segera ganti dan belanja lewat HappyFresh saja. Personal shopper terlatih akan membantumu memilihkan telur berkualitas dan akan langsung diantarkan oleh rider ke rumahmu! Yuk, beli sekarang juga!

Telur 10 pcs hanya 10 ribu? Beli di sini!

BACA JUGA: Penting! Ini 5 Cara Menyimpan Sayur dan Buah agar Tetap Tahan Lama

cara menyimpan sayur


Referensi: