promo new user

Kamu tim brownies kukus atau panggang? Kalau kami suka dua-duanya! Tapi kali ini kami ingin membagikan #FreshlyHandpicked resep brownies kukus cokelat yang lembut banget. Mungkin kamu yang tadinya tim brownies panggang bisa pindah ke lain hati. Penasaran cara membuat brownies kukus ini? Simak terus resepnya di bawah ini.

Resep Brownies Kukus

cara membuat brownies kukus

Persiapan: 30 menit |Waktu memasak: 30 menit |Porsi: 4-5

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 butir telur
  • 110 gram gula pasir
  • ¼ sdt Emulsifier
  • 60 gram tepung serbaguna
  • 20 gram coklat bubuk
  • 85 gram margarin
  • 50 gram dark chocolate cooking, cincang
  • 35 gram susu kental manis coklat
  • Minyak goreng secukupnya
cara membuat kue
cara membuat kue
Heading layer
Slide
 

 

Cara membuat brownies kukus:

  1. Persiapkan terlebih dahulu loyang kukusan dengan mengoleskan minyak goreng ke seluruh area dan melapisi bagian atasnya dengan kertas roti. Setelah itu, panaskan panci kukusan dan lapisi penutupnya dengan kain serbet.
  2. Selanjutnya, lelehkan terlebih dahulu margarin dan dark chocolate cooking (coklat masak) dengan menggunakan api kecil. Setelah tercampur rata, angkat dan sisihkan.
  3. Ayak tepung terigu serbaguna dan coklat bubuk di wadah yang lain. Di wadah lainnya lagi, campurkan telur, gula, emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai tekstur berubah menjadi putih dan mengembang.
  4. Lalu tuangkan tepung terigu dan coklat bubuk yang telah diayak ke dalam campuran telur, gula dan emulsifier sedikit demi sedikit menggunakan spatula hingga merata.
    Setelah itu, tambahkan campuran margarin dan coklat yang telah dilelehkan tadi. Lalu aduk hingga merata. Kemudian, ambil adonan tadi sebanyak 100 gram dan campurkan dengan susu kental manis coklat.
  5. Langkah berikutnya, masukkan sebagian adonan ke dalam loyang dan kukus selama kurang 15 menit dengan api sedang. Angkat dan keluarkan.
  6. Tuang adonan yang telah dicampur susu kental manis coklat ke dalam loyang. Ratakan lalu kukus kembali selama 5-10 menit. Angkat dan keluarkan.
  7. Tuangkan sisa ½ adonan pertama ke dalam loyang. Ratakan lalu kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan. Keluarkan kue dari loyang. Sisihkan.

Sudah baca semua bahan-bahan dan cara membuat brownies kukus di atas? Yuk, sekarang waktunya dipraktikkan.

Apakah resep di atas berhasil membuatmu si penyuka brownies panggang pindah ke lain hati? Coba ceritain ke kita.

Nah, kalau soal bahan-bahan untuk membuat resep di atas kamu bisa serahkan ke HappyFresh. Semuanya akan dipilihkan produk-produk berkualitas oleh personal shopper kami. Tak hanya itu, barang belanjaanmu pun akan diantarkan langsung ke rumah oleh rider. Nyaman ya? Belanja sekarang yuk!


BACA JUGA: Resep Pisang Nugget Buat Camilan Santai di Rumah

resep pisang nugget


Referensi: