Install Sekarang!

Meningkatkan imunitas tubuh lebih dari mencuci tangan atau mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Kita perlu membangun pertahanan yang kuat bagi tubuh. #BecauseYouMatter, baca lima cara di bawah untuk memperkuat imunitas tubuh kita.

1. Tidur yang cukup

tidur berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuatmu rentan terhadap penyakit karena berkurangnya sel yang bertugas untuk membunuh mikroba dan sel kanker. Hal ini juga dapat terjadi dengan anak-anak. Lalu berapa lama tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak? Bayi membutuhkan tidur selama 16 jam per hari dan balita sekitar 11 hingga 14 jam. Bagi orang dewasa, setidaknya membutuhkan waktu 7 jam tiap malam. Untuk meningkatkan kualtias tidurmu, pastikan kamarmu cukup gelap, suasananya pun tenang dan sejuk. Hindari untuk tidur siang lebih dari 45 menit.

2. Lakukan olahraga bersama keluarga

olahraga di rumah

Saat ini menjaga kebugaran sangat penting bagi kesehatan mental dan imunitas tubuh. Cara ini juga dapat bermanfaat bagi anak-anak kita. Untuk membiasakan anak tetap bugar, jadilah contoh yang baik. Lakukan latihan bersama mereka daripada hanya bermain di luar. Coba tonton video olahraga bersama keluarga di bawah ini.

Sumber video: YouTube.com/POPSUGAR Fitness

3. Berjemur di bawah matahari pagi

membaca buku

Berjemur dapat membantu membentuk vitamin D dalam tubuh. Vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Waktu terbaik untuk berjemur di luar, yaitu sebelum jam 10 pagi dan untuk menghindari kulitmu terbakar sebaiknya cukup selama 5-10 menit saja.

4. Konsumsi lebih banyak makanan probiotik

yogurt

Salah satu cara terbaik untuk tingkatkan sistem imun tubuh adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan probiotik bagi seluruh keluarga. Cobalah sajikan potongan buah segar dengan yoghurt atau kamu juga bisa membuat mie vegan dengan kuah miso (pasta kedelai fermentasi yang penuh dengan probiotik sehat).

5. Kelola stres dengan baik

keluarga

Stres tidak dapat dihindari baik bagi orang dewasa maupun anak-anak khususnya di tengah situasi Covid-19 seperti ini. Jangan takut untuk membicarakan soal virus corona dengan anak-anak. Ajak anak untuk menyampaikan hal yang mereka dengan soal virus ini dan tanyakan perasaan mereka mengenai hal tersebut. Lakukan yang terbaik untuk menjawab secara jelas dan jujur. Bagi orang dewasa, cobalah untuk membatasi membaca berita dan ambil waktu untuk melakukan hobi atau meditasi.


BACA JUGA: 4 Olahraga di Rumah Ini Bantu Tingkatkan Stamina. Coba Yuk!