Belanja sekarang!

Dapur bersih memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Pasalnya, dari dapurlah segala kebutuhan rumah dan makanan tersimpan.

Nah, tahukah kamu jika dapur menjadi tempat paling rawan bersarangnya bakteri? Itulah mengapa kita perlu menjaga kebersihan dapur. Simak lima aturan yang perlu kamu terapkan di rumah.

1. Ciptakan dapur bersih dengan selalu mencuci tangan

Kuman dan virus dapat menyebar dengan cepat melalui tangan ke makanan atau barang lainnya. Karenanya penting sekali untuk selalu mencuci tangan saat menyiapkan makanan di dapur.

2. Selalu membersihkan dapur dan peralatan yang digunakan

dapur bersih

Membersihkan dapur setelah memasak juga sangat penting. Bersihkan dapur mulai dari kompor, kulkas, peralatan memasak bahkan tempat yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

Jika kehabisan stok untuk bersih-bersih kamu bisa mendapatkan di sini.

3. Bersihkan pula tempat mencuci piring

dapur bersih

Area ini menjadi salah satu tempat yang juga sering digunakan. Jika tidak dibersihkan secara rutin bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. Biasakan untuk membersihkan area ini setidaknya sehari sekali.

4. Dapur bersih dimulai dengan pembuangan sampah yang benar

tempat sampah yang baik

Membuang sampah sisa makanan atau lainnya juga perlu diperhatikan. Sebaiknya buang sampah setiap hari untuk menghindari bau yang tak sedap di dapur.

Selain itu, biasakan untuk memisahkan sampah. Misalnya, pisahkan sampah plastik dengan sampah basah (sisa makanan) di tempat terpisah.

5. Jangan lupa membersihkan kulkas

cara membersihkan kulkas

Menciptakan dapur bersih juga harus memastikan kondisi kulkas higienis. Setidaknya sebulan sekali, keluarkan rak-rak di dalam kulkas dan cuci menggunakan air hangat dan sabun.

Sebelum memasangnya kembali di kulkas pastikan rak sudah dalam keadaan kering. Ingat pula untuk membersihkan kulkas bagian luar.

Itulah kelima aturan yang perlu diterapkan di rumah agar dapur bersih dan terbebas dari penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit.


Baca Juga: Perlu tahu! 5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dihangatkan Lagi