Install Sekarang!

Cara menidurkan bayi yang tepat agar si Kecil tetap terlelap nyenyak sepanjang malam tentu menjadi dambaan semua orangtua. Pasalnya, hal ini juga membantu kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Mengatur pola tidur menjadi kunci penting agar bayi nggak terlalu lama tidur di siang hari dan terjaga saat malam. Namun, bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Sembilan hal di bawah ini juga menjadi langkah penting untuk dilakukan agar bayi tidur nyenyak semalaman. Simak yuk!

1. Mengatur jadwal menyusui

cara menidurkan bayi

Cobalah untuk mulai membiasakan menyusui si Kecil sebelum dan saat si bayi bangun tidur. Cara ini membantu agar bayi dapat tertidur pulas tanpa sering terbangun.

2. Kurangi mengganti popok terlalu sering

cara menidurkan bayi

Beberapa dokter anak menyarankan untuk nggak terlalu sering mengganti popok si Kecil di malam hari. Sebaiknya, sebelum tidur pakaikan popok dengan daya serap yang tinggi dan anti bocor sehingga si Kecil juga tetap nyaman selama tidur.

3. Mengatur cahaya penerangan di kamar

cara menidurkan bayi

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur cahaya penerangan di kamar. Buatlah cahaya menjadi redup saat si Kecil akan tidur di malam hari. Tak hanya membuat suasana menjadi lebih rileks, pencahayaan yang redup membantu bayi belajar membedakan waktu siang dan malam hari.

4. Mengatur suhu ruangan

cara menidurkan bayi

Setelah mengatur cahaya penerangan di kamar, jangan lupa pula untuk memeriksa suhu ruangan di kamar. Pastikan suhu pas sehingga bayi tetap merasa nyaman dan tidak merasa panas agar terhindari dari biang keringat yang menyebabkan gatal. Suhu yang ideal untuk si Kecil biasanya 25-26°C.

5. Menggunakan white noise

cara menidurkan bayi

Cara lainnya untuk membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam yaitu dengan menggunakan white noise. Cara kerja white noise yaitu menggabungkan beberapa frekuensi suara secara bersamaan dan menghasilkan suara dengan pola lebih tenang, stabil dan teratur.

6. Memutarkan musik yang lembut

cara menidurkan bayi

Kamu juga bisa memutarkan musik yang lembut saat bayi ingin tidur. Pilihan musik klasik dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi bayi termasuk membuatnya tidur lebih nyenyak.

7. Membatasi waktu tidur siang bayi

cara menidurkan bayi

Mungkin sulit rasanya membangunkan si Kecil saat tidur nyenyak di siang hari. Namun, ingatlah selalu jika si Kecil terlalu lama tidur siang akan membuatnya lebih lama terjaga di malam hari.

8. Kenakan pakaian yang nyaman untuk si Kecil

cara menidurkan bayi

Cara menidurkan bayi agar mudah terlelah yaitu dengan memakaikan pakaian dengan bahan yang tepat. Pakaian berbahan katun biasanya mudah menyerap keringat sehingga bayi nggak sering merasa gerah dan membuatnya tidur nyenyak dan lelap.

9. Membedong bayi

cara menidurkan bayi

Selain memberikan rasa hangat, membedong bayi juga dapat mengatasi refleks terkejut yang membuatnya mudah terbangun. Cara ini juga membuat bayi seakan-akan dipeluk oleh Ibu. Cobalah untuk memilih bahan kain bedong yang lembut dan nyaman di kulit bayi.


BACA JUGA: 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tempat Penitipan Anak


Semua langkah di atas bisa dicoba perlahan-lahan untuk membentuk pola istirahat yang baik bagi si bayi dan orang tua. Nah, agar waktu istirahatmu dan si Kecil tak mudah terganggu, stok kebutuhan dapurmu mulai dari sekarang. Nggak perlu repot membelinya ke supermarket. Belanja dengan cara yang nyaman menggunakan HappyFresh. Menariknya lagi nih, kamu bisa belanja lebih hemat dengan berbagai promo yang tersedia. Cek promo Year-end Wonderland di aplikasi sekarang yuk!