Cek Diskon Terbaru!

Apa hikmah puasa ramadhan yang sudah didapatkan selama menjalankan ibadah puasa? Tahukah kamu hikmah berpuasa juga bisa ditularkan kepada si Kecil? Mengajarkan niat puasa sedari kecil juga merupakan salah satu cara mendidik anak untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Ada 4 tips yang bisa kamu coba agar anak tetap senang dan lancar menjalankan ibadah puasa. Simak yuk!

1. Memastikan fisik anak sudah cukup kuat

hikmah puasa ramadhan

Sebelum mengajarkan anak berpuasa, kita harus memastikan bahwa mereka siap secara fisik. Pastikan pula mereka dalam keadaan baik dan sehat dan perlu diingat, bahwa setiap anak berbeda.

Beberapa siap di usia 4 tahun, sementara beberapa hanya ingin memulai pada usia 6. Itu semua tergantung dan terserah kamu sebagai orang tua untuk mengevaluasi apa yang terbaik untuk si Kecil.

2. Persiapkan pula mental mereka untuk memahami hikmah puasa Ramadhan yang sebenarnya

niat puasa

Sebagai orang dewasa, kita sudah tahu betapa istimewanya Ramadhan.

Anak-anak belum mengetahuinya dan itu tugas kita untuk memberitahu mereka alasannya sehingga mereka akan bersemangat menyambut Ramadhan.

Anak-anak senang mengajukan pertanyaan. Berikan penjelasan mengenai hikmah berpuasa Ramadhan kepada mereka bahwa menjalankan ibadah puasa bukan sekadar tidak makan dan minum seharian.

Slider

3. Bantu si Kecil memahami hikmah puasa Ramadhan dengan memberikan dukungan positif

hikmah berpuasa

Dukungan dengan memberikan hadiah bisa menjadi motivasi yang bagus untuk anak-anak.

Kamu bisa menyiapkan makanan favorit untuk berbuka puasa, membelikannya sesuatu yang istimewa, atau sekadar memuji si Kecil.

Jika mereka belum berhasil menjalankan niat puasa secara penuh, tetap berikan pujian. Cara ini menunjukkan bahwa kamu mengakui usaha mereka.

4. Berikan si Kecil asupan yang tepat saat sahur dan buka puasa

ibadah puasa

Supaya anak tetap senang menjalankan ibadah puasa, pastikan asupannya bernutrisi dan membuatnya kenyang lebih lama.

Beberapa jenis makanan sehat dan membuat kenyang lebih lama di antaranya adalah nasi merah, kentang rebus, telur, ikan kukus, sup daging, keju, kacang merah, sayuran berdaun hijau, dan buah apel atau jeruk.

Itulah keempat tips untuk si kecil agar ibadah puasa yang dijalankan lancar.

Mereka pun sudah memahami hikmah puasa Ramadhan sesungguhnya sedini mungkin. Niat puasa pun menjadi berkah bagi orang sekitar.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: 7 Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak

Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak


Referensi: