Install Sekarang!

Kita mungkin belum akrab dengan istilah sayuran organik. Kebanyakan dari kita hanya mengenal sekedar istilah sayuran yang itu baik untuk di makan dan tubuh. Tanpa tahu ada penggolongan sayur organik. Lalu apakah itu sayuran organik?

Sayuran organik adalah segala jenis sayuran yang tumbuh tanpa ditambahkan bahan-bahan kimia. Contoh sayuran organik seperti wortel, sawi atau kol yang tumbuh tanpa ditambahkan bahan kimia apapun. Lantas apa manfaat sayuran organik bagi tubuh?

Agar kita bisa mengetahui dan merasakan manfaat dari sayuran organik pada kehidupan nyata, berikut ini lima manfaat sayuran organik:

1. Lebih aman secara kimiawi

Pangan organik memang tak menggunakan pupuk kimia serta pestisida dalam proses penanamannya. Namun, disarankan agar konsumen tetap berhati-hati. Jika sayuran organik mengandalkan pupuk kandang yang dikompos secara tidak sempurna, akan banyak salmonella, patogen dan lain-lainnya. Sehingga sayuran organik sebaiknya tetap harus dicuci bersih. Namun dilihat dari sisi kandungan kimia, produk organik jauh lebih aman dibandingkan produk nonorganik.

2. Lebih menyehatkan tubuh

Menurut penelitian, sayuran organik lebih banyak mengandung fitokemikal, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan aktivitas enzim yang berperan dalam menghancurkan agen karsinogenik.

3. Memiliki zat gizi lebih

Dengan proses penanaman secara organik, unsur hara yang dimiliki oleh tanah lebih kaya. Karena itu ada penelitian yang menyatakan pada produk organik, kandungan zat besi, karotena, serta vitamin C lebih banyak.

4. Rasa yang Kaya

Buah-buahan serta sayur-sayuran organik memiliki rasa yang lebih enak dan renyah. Beberapa orang yang memiliki indera perasa yang sensitif mengatakan bahwa sayur berpestisida masih mengandung rasa pahit bahkan setelah dicuci, sementara sayur organik terasa lebih lezat.

5. Umumnya lebih tahan lama

Sayuran organik lebih tahan lama disebabkan karena sayur dan buah organik, sempurna matangnya. Selain itu, tanpa campur tangan manusia, tanaman organik memiliki pertahanan alami sendiri baik terhadap hama maupun cuaca.

Itulah kelima manfaat sayuran organik. Memang harga sayuran organik sedikit lebih mahal ketimbang sayuran biasa. Namun jika melihat manfaat yang didapat, tentu jumlah uang yang dikeluarkan akan sepadan.

Nah jika kamu, tertarik untuk mencoba sayuran organik namun tidak tahu harus membeli dimana. Kamu bisa mendapatkan sayuran organik yang berkualitas tinggi di HappyFresh.

Selain itu sayuran organik pesanan mu, akan langsung diantar ke rumah. Jadi kamu tidak perlu lagi membuang-buang waktu kamu yang berharga hanya untuk berbelanja. Selain sayuran organik, kamu juga dapat berbelanja kebutuhan grocery lainnya di HappyFresh loh!