Install Sekarang!

Make up yang dulunya merupakan alat rias semata, sekarang jadi cara banyak orang mengekspresikan diri lepas dari umur dan gender, terutama kaum hawa. Dari sekian banyak pembicaraan seputar make up, cara menghapus make up yang benar pun tak kalah penting untuk diingat. Pasalnya, make up yang menempel di wajah dalam jangka waktu panjang dapat mencegah sel kulit untuk regenerasi, sehingga kulit akan terlihat lelah dan lama-lama menimbulkan masalah lain mulai dari jerawat hingga infeksi.

Kali ini, HappyFresh akan berbagi dengan kamu cara praktis hapus make up untuk bebaskan dirimu dari masalah kulit. Tenang aja, walaupun memang gak sesederhana membasuh wajah dengan air, cara hapus make up yang benar ternyata gak susah. Yuk, intip langkahnya di bawah ini:

  • Manfaatkan micellar water

Pembersih makeup bersifat ringan ini jadi jagoan banyak orang bukan karena alasan sepele. Pasalnya, kandungan misel yang ada dalam air mampu menarik kotoran di permukaan muka ibarat magnet sehingga make up tebal sekalipun bisa dihapus tanpa harus digosok keras. Namun sayangnya, beberapa micellar water biasanya kurang mempan dalam menghapus make up mata, yang akan dibahas di poin berikutnya:

  • Untuk make up mata, gunakan pembersih berbasis minyak

Banyak orang yang memilih untuk tidak gunakan pembersih make up berbasis minyak karena sifatnya yang cukup berat dan takut menyumbat pori-pori. Namun, menggunakan pembersih jenis ini untuk hapus make up mata sah-sah aja kok, bahkan lebih baik dibanding menggunakan micellar water berbasis air. Ini disebabkan make up mata yang seringkali bersifat waterproof atau tahan air, sehingga hanya pembersih berbasis minyak yang dapat menghapusnya tanpa sisa.

  • Cuci muka dengan facial wash selama 1 menit

Setelah wajah bersih dari make up, apa lantas berhenti di situ? Tentunya tidak! Setelah permukaan wajah bebas make up, langsung bersihkan lagi dengan facial wash andalanmu untuk metode double cleansing, sehingga semua sisa-sisa makeup yang gak terangkat oleh micellar water turut lenyap dengan air bilasan. Oh iya, kamu harus lakukan langkah ini selama 1 menit untuk benar-benar bersihkan sampai ke pori-pori. Lihat saja sendiri, setelah 1 minggu melakukan cuci muka 1 menit penuh, kulit wajah pasti makin berseri!

  • Bersihkan sekali lagi dengan micellar water

Langkah hapus make up cenderung terdengar repetitif, namun langkah terakhir ini cukup penting untuk jaga level pH dalam kulit sehingga tetap lembab. Gunakan micellar water sekali lagi untuk menyiapkan kulitmu untuk langkah skincare berikutnya seperti toning atau masking. Kalau kamu bukan tipe yang suka pakai skincare, ini bisa jadi langkah penutup untuk menghapus make up.

cara hapus make up

Apa yang akan terjadi jika kita lalai menghapus make up dengan cara yang benar? Ini dia jawabannya:

  • Bibir pecah-pecah

Lipstik yang gak dihapus semalaman kontan mencegah kelembaban untuk benar-benar menyerap ke kulit bibir sehingga menyebabkan pecah-pecah. Jika dibiarkan, pecah-pecah bisa makin parah sehingga mengelupas dan berdarah, lho. 

  • Akar bulu mata bengkak

Masih ragu soal pentingnya hapus make up mata? Jangan sampai kamu ketiduran dengan maskara masih tersemat di bulu mata, karena bisa menyebabkan iritasi hingga bengkak mata, lho. Kalau sudah begini, harus diobati dengan antibiotik agar iritasi mata gak makin parah.

  • Pori-pori membesar

Fakta tentang pori-pori yang mungkin gak banyak orang tahu adalah mereka bisa membesar, tapi gak bisa mengecil. Jadi, kalau kamu tidur dengan bedak atau foundation masih bersisa di wajah, produksi minyak di wajah akan semakin intens sehingga menyebabkan pori-pori besar dan mudah terkena jerawat. 

Wah, masalah yang timbul pada kulit kalau tidak ikuti cara hapus make up ternyata bisa berakibat cukup parah ya? Jadi, luangkan sedikit waktumu untuk manjakan kulit dengan bersihkan riasanmu di malam hari. Selain kulit jadi sehat, makeupmu juga akan semakin terlihat bagus saat diaplikasikan lagi di hari selanjutnya, lho. 


Baca Juga: Masker Wajah Alami Dari Buah-buahan: Intip Resepnya!


Tapi, apa yang harus kamu lakukan kalau micellar water atau facial wash tiba-tiba habis? Tenang aja, selain produk makanan segar, HappyFresh juga bisa antar produk personal care jagoanmu ke depan pintu dalam waktu secepat 1 jam saja. Selain cepat, kamu juga akan dapatkan potongan harga Rp 50 ribu dan gratis ongkir untuk pembelian pertamamu, lho. Yuk, download aplikasinya!