Install Sekarang!

Bagi ibu yang memiliki balita, ikan salmon yang kaya vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 kerap menjadi menu pilihan untuk buah hati. Bagi kalangan dewasa, menikmati ikan salmon di menu masakan Jepang seperti sushi dan sashimi adalah kenikmatan tersendiri. Itulah sebabnya banyak orang memilih ikan salmon sebagai salah satu bahan masakan mentah yang selalu tersedia di kulkas.

Tapi, tahukah Kamu tentang ciri-cri ikan salmon yang baik dan cara memilih ikan salmon yang segar?

Salmon liar atau ternak

Ada dua jenis salmon yang dijual di pasaran: salmon liar dan salmon ternak. Salmon liar hidup secara bebas, umumya ditangkap dari perairan Laut Alaska. Sementara salmon ternak berasal dari peternakan ikan salmon di Laut Atlantik.

Salmon liar memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik ketimbang salmon ternak karena hidup di perairan bersih dan hanya memakan plankton sehingga kadar merkurinya sangat rendah. Sedangkan salmon ternak hanya diberi pakan kedelai dan ampas makanan unggas sehingga rentan ditumbuhi parasit dan tercemar merkuri.

Untuk membedakan salmon liar dan salmon ternak, secara kasat mata bisa dilihat dari warnanya. Daging salmon liar berwarna oranye cerah, sedangkan salmon ternak berwarna lebih pucat. Dari harga, tentu saja salmon liar lebih mahal.

Salmon segar atau beku

Jangan pernah berasumsi ikan salmon segar lebih baik daripada salmon beku. Alasannya, ikan salmon beku langsung dibekukan di atas kapal sesaat setelah ditangkap. Proses pembekuan justru melindungi kesegaran ikan.

Sedangkan ikan salmon yang dijual dalam konsisi segar sebenarnya telah melakukan perjalanan berjam-jam bahkan berhari-hari untuk sampai ke pelelangan ikan, pedagang atau supermarket, hingga ke tangan konsumen.

Yang perlu diperhatikan, kamu harus mengetahui cara memilih ikan salmon yang segar dan tips membeli ikan salmon beku, meliputi:

  • Daging yang segar tidak berbau busuk dan anyir. Ikan salmon segar beraroma asin seperti air aut.
  • Ikan yang segar harus bermata bening dan cerah.
  • Coba tekan daging salmon. Ikan salmon segar bertekstur kenyal, padat, tidak lembek, tidak berlendir, dan dagingnya akan kembali ke posisi semula setelah ditekan.

Mana bagian terbaik ikan salmon?

Ikan salmon yang minim duri memudahkan orang memakannya. Kulit ikan salmon pun bisa dipanggang hingga garing dan rasanya sangat gurih. Namun, jika Kamu ingin mengambil kandungan asam lemak omega-3 dari salmon secara maksimal, pilihlah bagian daging perut salmon atau yang biasa disebut salmon belly.

Bagian perut ikan salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang paling tinggi dibanding semua bagian lain dari tubuh salmon. Kalau Kamu perhatikan, daging pada bagian perut salmon memiliki garis putih yang lebih tebal ketimbang bagian badan atau ekor salmon.

Di situlah lemak omega-3 dan DHA, nutrisi paling diburu dari salmon, berada. Itu sebabnya mengapa bagian perut salmon rasanya lebih gurih ketika dimakan mentah dan berminyak ketika dimasak.

Itulah ciri-cri ikan salmon yang baik dan cara memilih ikan salmon yang segar yag perlu kamu ketahui. Setelah mengetahuinya jangan ragu utnuk membeli ikan salmon untuk dijadikan hidangan di rumah.

Nah jika kamu tidak menemukan salmon di supermarket terdekat, atau kamu malas pergi jauh-jauh hanya untuk membeli daging salmon. Kamu bisa menemukan berbagai jenis salmon segar di HappyFresh secara online.

personal shopper HappyFresh

HappyFresh bekerjasama dengan banyak supermarket besar seperti Ranch Market, Farmer Market, LotteMart, Superindo, Carrefour dll sebagai peneyedia barang. Jadi kamu tidak perlu meragukan kesegaran salmon. Ditambah lagi kamu tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mendapatkannya. Cukup pesan dari smartphone kamu, tidak sampai satu jam menunggu, pesanan kamu akan diantar langsung ke tempat kamu berada.