Install Sekarang!

Menjalani rutinitas sehari-hari sering membuat kita merasa jenuh. Aktivitas yang padat serta tuntutan kehidupan menjadi salah satu alasan motivasi menurun. Tapi jangan cepat menyerah ya, kamu bisa mencoba melakukan 7 hal ini untuk membuatmu kembali bersemangat. Keep reading!

1. Awali hari dengan 15 menit waktu khusus untuk diri sendiri

cara motivasi diri

Saat bangun pagi dan sebelum memulai aktivitasmu, cobalah mengambil waktu 15 hingga 30 menit untuk berdoa, menulis jurnal atau sekadar jalan pagi. Buatlah sebuah rutinitas pagi khusus untuk dirimu sendiri agar semangat menjalani hari.

2. Menulis Jurnal

cara motivasi diri

Seperti yang disebutkan di atas, setiap pagi dalam waktu khususmu tersebut, kamu bisa membuat daftar keinginanmu. Tulislah semua ide, mimpi atau perencanaan masa depan dan langkah-langkah yang bisa kamu realisasikan untuk mewujudkannya di sebuah jurnal.

3. Buat catatan pengingat untuk mencapai tujuanmu

cara motivasi diri

Konsistensi menjadi kunci utama untuk bisa mencapai tujuan. Kenyataannya nih, untuk konsisten dalam menjalankan sesuatu juga dibutuhkan tekad yang kuat. Karenanya, kamu perlu membuat catatan pengingat. Kamu bisa menuliskannya dalam jurnal dan tandai langkah-langkah yang sudah dilakukan. Hal ini bisa mendorongmu untuk terus maju dan meneruskan langkah berikutnya.

4. Membaca buku

cara motivasi diri

Sediakan juga waktu untuk membaca buku atau artikel yang bisa menginspirasimu. Tandai kalimat yang menurutmu penting. Kamu juga bisa menulis ulang kalimat tersebut untuk dijadikan sebagai motivasi kerja.

5. Rehat sejenak dari media sosial

cara motivasi diri

Tanpa disadari menghabiskan waktu terlalu banyak di media sosial mengarahkan kita untuk bersikap lebih cuek hingga sering menunda-nunda pekerjaan. Selain itu, hal paling sering dialami adalah kita juga jadi membandingkan diri ketika melihat foto liburan keluarga yang tampak harmonis atau fashion blogger berpakaian keren. Jika kamu sudah mulai mengalaminya, sebaiknya kamu rehat sebentar dari media sosialmu. Fokuskan perhatianmu orang-orang tercinta dan pekerjaan yang perlu diselesaikan.

6. Putar lagu yang membuatmu semangat

cara motivasi diri

Salah satu cara sederhana yang bisa membuatmu kembali semangat, yaitu memutar lagu kesukaanmu. Ada banyak manfaat mendengarkan musik favoritmu, diantaranya meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, membuat tidur lebih nyenyak hingga membantumu menyelesaikan pekerjaan.

7. Luangkan waktu lebih banyak dengan orang-orang tercinta

cara motivasi diri

Nggak bisa dipungkiri, terjebak dalam rutinitas sering membuat kita jarang berkumpul, berbincang atau sekadar bermain dengan anak-anak tercinta. Sebisa mungkin, sediakan waktu untuk mereka. Jangan sampai kamu melewatkan momen-momen penting mereka dan menyesal di kemudian hari.


BACA JUGA: Cari Tahu 10 Manfaat Yoga Dan Meditasi Yang Sulit Dipercaya Disini


Kesimpulannya, jika kamu dapat mengelola waktu dan energimu dengan baik, ketujuh hal di atas bisa dengan mudah dilakukan. Supaya waktumu lebih efisien gunakan HappyFresh untuk memudahkanmu belanja kebutuhan dapur. Dapatkan potongan hingga 30% di pesanan pertamamu.