Install Sekarang!

Peranannya iu rumah tangga tidak bisa di sepelekan begitu saja. Karena pada hakikatnya peran sebagai seorang ibu rumah tangga itu sungguh sangat kompleks. Jika Kamu lihat dimulai dari hal-hal yang bersifat kecil sampai besar, mulai dari pagi hingga menemui pagi lagi. salah satu tugas berat dari ibu rumah tangga adalah mengatur pengeluaran kebutuhan rumah tangganya.

Di sadari atau tidak pengeluaran rumah tangga biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup yang terlalu berlebihan. Banyak tips dan cara yang telah dilakukan untuk menghemat pengeluaran khususnya belanja ibu rumah tangga. Nah pada kesempatan kali ini, kita bakal membahas bagaimana cara menghemat uang belanja mingguan.

Diharapkan setelah membaca dan memahaminya kamu bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari kamu. maka dari itu simak cara menghemat uang belanja mingguan berikut ini.

  1. Mulai Makan Makanan yang Sehat

Toko-Sayur-Organik-Online

Cara pertama yang kamu harus lakukan untuk menghemat pengeluaran kamu, tidak selalu mengenai masalah cara belanja dan kondisi keuangan saat ini. Namun, bisa juga dilihat dari bagaimana pola makan, dan perhatikan secara cermat makanan apa saja yang kamu konsumsi sekeluarga setiap harinya.

Kamu bisa memulai untuk membiasakan mengajak keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, tentunya juga dengan porsi tepat dan tidak berlebih-lebihan.kebanyakan orang tidak menyadari bahwa hal semacam ini bisa berpengaruh pada investasi keuangan kamu dalam jangka waktu yang panjang. Usahakanlah agar membiasakan anak-anak kamu untuk mengkonsumi makanan yang dibuat oleh diri kamu sendiri.

  1. Menggunakan Kacamata Kuda Saat Berbelanja

Daftar Belanja Bulanan Hemat

Biasakan untuk membuat daftar belanjaan terlebih dahulu sebelum berangkat ke pasar atau supermarket. Belilah apa-apa yang sekiranya sangat dibutuhkan untuk jangka waktu sebulan, bukan apa yang ingin kamu beli pada saat itu. Fokuslah untuk membeli terhadap apa yang sebelumnya telah disusun dari rumah.

Tahanlah ego kamu dari berbagai macam godaan untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Ingat, berapa harga yang harus dibayar untuk setiap barang tambahan yang sebenarnya tidak penting sama sekali bagi kamu. lakukanlah penghematan kecil untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk disimpan atau ditabung sebagai cadangan kalau ada hal-hal yang tidak diduga sebelumnya. Perhatikan dengan teliti dan seksama selisih harga barang produk sejenis yang mungkin dapat kamu hemat.

  1. Belanja Secara Online

daging ayam

Jika kamu benar-benar ingin menghemat pengeluaran belanja kamu, biasakan untuk berbelanja kebutuhan dapur secara online di HappyFresh. untuk mendapatkan harga sayur dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang lebih murah.

Dibandingkan dengan pergi berbelanja ke pasar tradisional yang tentunya membanderol harga barang lebih tinggi. Di HappyFresh kamu akan menemukan banyak sayuran yang masih segar. Ditambah lagi kamu akan menghemat uang transportasi yang kamu keluarkan jika belanja di pasar tradisional atau supermarket. Karena HappyFresh akan mengantarkannya ke rumah kamu.

  1. Memasak dengan Porsi yang Tepat

Kamu harus mulai mengetahui seberapa banyak olahan hidangan yang cukup untuk sekeluarga. Biasakan untuk memasak secukupnya, boleh saja sesekali dilebihkan tapi jangan berlebihan juga. Jika sekamuinya masih tersisa banyak simpan kembali di kulkas, yang nantinya bisa diolah kembali menjadi hidangan makan baru yang nikmat. Misalnya saja nasi yang tidak habis semalam bisa kamu olah untuk keesokan harinya.

  1. Siapkan Alokasi Belanja Mingguan

Cara menghemat uang belanja mingguan yang terakhir adalah dengan membuat alokasi belanja. Selain daripada rencana belanja bulanan, kamu juga wajib membuat rencana belanja untuk mingguan. Karena pada dasarnya semua kebutuhan tidak dapat kamu beli dalam waktu yang bersamaan. Patuhilah alokasi belanja mingguan yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Jangan coba-coba untuk melanggarnya kalau tidak mau kewalahan di minggu selanjutnya.

Itulah kelima cara menghemat uang belanja mingguan yang dapat dengan mudah kamu terapkan, selamat mencoba dan menabung!