Install Sekarang!

Dompet sudah kosong melompong padahal belum genap satu bulan? Kadang suka bikin bingung yesss gimana cara menghemat uang yang benar. Mungkin, rasanya gak pernah belanja yang berlebihan tapi tetep aja nggak bisa nabung setiap bulannya.

Nah, mungkin kamu suka melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bikin kamu boros bahkan tanpa kamu sadari. Contoh kebiasaan boros uang itu misalnya tidak membuat rencana keuangan, membeli barang yang tidak diperlukan, tergiur membeli barang elektronik baru, atau membeli kuota berlebihan.

Dalam artikel ini, HappyFresh akan membahas bagaimana cara menghemat uang dan apa saja kebiasaan-kebiasaan orang hemat dalam mengatur keuangannya.

Pertama-tama tentukan prioritas dan tujuanmu setiap bulannya. Contohnya, kamu ingin pergi liburan ke luar negeri. Dengan tujuan tersebut, kamu pun akan mulai merencanakan untuk menabung agar bisa membeli tiket pesawat, menyewa hotel dan keperluan liburan lainnya.

Namun tidak lupa juga, untuk tetap memprioritaskan hal-hal yang penting seperti membayar tagihan bulanan rumah atau membayar sekolah anak. Saat kamu mencapai tujuanmu, rasanya pun akan sangat menyenangkan karena kerja keras sudah terbayarkan.

Selain itu, orang hemat pun selalu tahu bagaimana kondisi finansialnya setiap saat. Mereka selalu cek akun tabungan dan tagihan kartu kredit mereka setiap minggu. Orang yang hemat juga senang untuk cek sampai dimana mereka dalam mencapai tujuannya setiap bulan.

Apalagi, mereka selalu mencatat pengeluaran keuangan setiap harinya. Hal ini juga bisa membantu mengingatkan diri untuk tidak membeli sesuatu yang berlebihan atau tidak diperlukan.

Satu kebiasaan lain yang bisa kamu terapkan adalah persiapkan dan rencanakan makananmu. Saat pengeluaran terbesarmu adalah belanja bahan makanan dari supermarket, coba untuk belanja setiap minggu dalam masak semua bahan makanan dalam satu hari.

Kemudian, masukkan semua makanan ke dalam tempat-tempat yang teratur untuk setiap harinya. Jadi, saat makanan sudah tersedia, kamu tidak akan tergoda untuk jajan di luar rumah lagi.

Nah, saat orang lain keluar rumah untuk mencari hiburan, kamu bisa rencanakan malam yang seru di rumah. Persiapkan berondong jagung, atau masak pizza lezat agar bisa dinikmati sambil menonton film horor di rumah. Biar makin asyik, kamu bisa juga undang semua teman ke rumah.

 

cara menghemat uang

Beli barang-barang bekas gak cuma murah, HappyFresher! Mereka juga keliatan vintage dan antik. Nah, daripada beli baju yang mahal, kamu bisa cari alternatif lain seperti belanja baju bekas di pasar tradisional atau membeli furnitur di toko barang antik.

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa kunjungi tempat-tempat seperti Pasar Baru, Pasar Senen, dan Jalan Surabaya di daerah Menteng.

Sudah puas belum dengan tips cara menghemat uang di atas? Kalau belum, HappyFresh masih punya satu tips lagi nih. Nah, dimana lagi kamu bisa cek-cek harga bahan makanan dari berbagai supermarket terkenal kalau bukan di HappyFresh?

Ayo, kunjungi situs HappyFresh atau unduh aplikasinya di App Store atau Play Store dalam telepon genggam pintarmu. Urusan cara menghemat uang jadi, mudah, kan?