Wah, selamat bagi HappyFresher yang baru saja melahirkan anak pertamanya! Menjadi ibu baru dan merawat bayi baru lahir memang sebuah tantangan yang tidak mudah. Bayi baru lahir memiliki kebutuhan dan cara perawatan yang harus diperhatikan baik-baik. Berikut beberapa cara perawatan bayi baru lahir di bawah ini.

1. Atur suhu tubuh bayi baru lahir

Kadar lemak pada tubuh bayi belum cukup banyak untuk menghangatkan tubuh diri sendiri. Maka dari itu, usahakan agar bayi selalu memakai pakaian, penutup kepala, dan dibedong. Perhatikan juga agar bayi tidak merasa kepanasan atau kedinginan.

2. Jadwal menyusui bayi baru lahir

HappyFresher perlu memberi bayi susu dalam jumlah yang sedikit namun sering, kira-kira setiap 2 jam. Hal ini disebabkan oleh ukuran lambung bayi yang masih sangat kecil. Nah, saat bayi lapar, tanda-tanda yang biasanya diperlihatkan adalah menangis kuat-kuat, mengisap jari tangannya, atau mengecap bibirnya seperti mencari puting.

3. Perhatikan gumoh bayi baru lahir

Gumoh adalah ketika bayi selesai menyusui, ia keluarkan lagi sedikit susu dari mulutnya. Gumoh atau refluks gastroesofageal terjadi karena fungsi katup antara esofagus dan lambung belum sempurna. Untuk mencegah gumoh, posisikan bayi tegak selama 30 menit setelah selesai menyusui hingga bayi bersendawa.


bayi baru lahir


4. Rawat kulit sensitif bayi baru lahir

Salah satu masalah yang sering timbul adalah ruam popok. Untuk mencegahnya, pastikan popok selalu kering dan bersih. Jangan tunggu lama untuk mengganti popok bayi yang sudah kotor. Bersihkan juga kotoran bayi dengan air hangat dan kapas yang halus, karena tisu basah beralkohol dapat menyebabkan iritasi. Pastikan juga popok bayi tidak terpasang terlalu kencang, dan salep ruam untuk selalu siap sedia.

5. Rawat tali pusat bayi baru lahir

Jaga tali pusat agar selalu bersih dan kering. Apabila tali pusat terlihat memerah dan berbau, segeralah bawa ke dokter. Ada kemungkinan tali pusat bayi mengalami infeksi.

6. Perhatikan kotoran bayi baru lahir

Bayi biasanya buang air besar mulai dari 6 hingga 10 kali per hari. Namun, memasuki usia 3 sampai 6 minggu, frekuensinya akan tambah sedikit. Kotoran bayi memang selalu bertekstur lembek. Nah, untuk membedakannya dari diare, kotoran akan menjadi lebih cair, lebih banyak, dan berwarna kuning, hijau, atau coklat. Bawa bayi ke dokter jika hal ini terjadi ya, HappyFresher.

Baca Juga:

Itulah dia, cara-cara merawat bayi yang baru lahir. Memang tidak mudah, namun dengan kesabaran dan keteguhan hari seorang ibu, pasti kamu bisa melakukannya.

Tidak punya waktu lagi untuk berbelanja ke supermarket? Jangan khawatir lagi! Sekarang udah zamannya apa-apa dianter ke depan pintu rumahmu. Makanya, kunjungi situs HappyFresh atau unduh aplikasinya di App Store atau Play Store dalam telepon genggam pintarmu.

Belanja sekarang