Install Sekarang!

Selamat hari pisang sedunia, HappyFresher! Hayo, siapa di antara kalian yang suka makan pisang? Pastinya banyak yang suka dong, ya. Faktanya, pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Pada tahun 2013, jumlah konsumsi pisang mencapai angka 5,68 kilogram per kepala per tahun. Tingkat konsumsi tersebut bisa dibilang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat konsumsi rambutan yang rata-rata hanya 4,12 kilogram per kepala per tahun.

Walaupun demikian, ternyata sejak tahun 1950-an tanaman pisang sudah menghadapi penyakit yang membuatnya hampir punah, lho. Penyakit tersebut telah biasa disebut penyakit Panama.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang mematikan yang bernama Fusarium. Nah, fungus alias jamur ini biasa hidup di dalam tanah dan masuk ke dalam tanaman pisang melalui akar. Setelah itu, jamur Fusarium pun akan menutup saluran makanan dan penapasan tanaman pisang dan merusak keseluruhan tanaman.

penyakit panama

Lebih lanjut mengenai jamur Fusarium, ternyata turunan pertama dari jamur ini telah memusnahkan pisang jenis Gros Michel dari muka bumi ini. Nah, pisang jenis Cavendish yang biasa kita konsumsi kini rentan dengan jamur Fusarium turunan ke-empat.

Maka dari itu, banyak sekali para ilmuwan yang sedang berjuang melawan jamur ini agar tidak memusnahkan pisang. Sayang sekali ya HappyFresher, apabila membayangkan anak cucu kita yang tidak akan bisa merasakan makan buah kuning yang bergizi tersebut.

Tak hanya lezat dan disenangi semua kalangan, namun apakah kamu tahu kandungan berguna apa saja yang terdapat di dalam buah pisang? Yuk, lihat apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang di bawah ini.

  • Semakin banyak pisang yang kamu makan, semakin kecil resiko pembuluh nadimu untuk mengeras.
  • Pisang bisa memperbaiki mood, merelaksasi otot tubuh dan membenahi jadwal tidurmu.
  • Pisang mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan dan penurunan berat badan.
  • Tak hanya wortel, pisang pun mengandung banyak vitamin A yang baik untuk pengelihatanmu.
  • Pisang pun mengandung zat yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium.
  • Ternyata, mengkonsumsi 4-6 pisang per minggu bisa memperkecil resiko kanker ginjal.

Nah, itulah dia berbagai kandungan pisang beserta manfaatnya, HappyFresher. Namun, HappyFresh penasaran biasanya bagaimanakah cara kamu memakan pisang? Dimakan secara langsung atau kamu masak terlebih dulu? Dalam rangka hari pisang sedunia, cari tahu yuk resep enak dalam mengolah buah pisang, berikut resepnya!

Puding Pisang Microwave

puding pisang microwave

Bahan-bahan:

  • 100 gr butter
  • 2 buah pisang
  • 100 gr brown sugar
  • 100 gr tepung self-raising
  • 2 sdt bubuk kayu manis
  • 2 buah telur
  • 2 sdm susu cair
  • Es krim vanila, jika suka

Cara memasak:

  1. Cairkan butter dalam loyang besar di microwave selama 30-60 detik.
  2. Campur & hancurkan 1 1/2 pisang ke dalam butter yang cair.
  3. Tambahkan brown sugar, tepung, kayu manis, telur dan susu.
  4. Aduk semua bahan hingga merata, lalu ratakan permukaan adonan.
  5. Iris sisa 1/2 pisang memipih dan letakan di permukaan adonan.
  6. Masukkan adonan kembali ke microwave dengan pengaturan terpanas.
  7. Panggang selama 8 menit hingga mengembang dan matang merata.
  8. Sajikan selagi hangat bersama satu sendok es krim vanila.

Nah itulah dia, HappyFresher, mulai dari kasus punahnya buah pisang, manfaat nutrisi buah pisang, hingga resep puding pisang yang cukup dimasak menggunakan microwave. Yuk, coba masak resep puding pisang dalam rangka merayakan hari pisang sedunia! Malas keluar rumah? Jangan khawatir karena kamu bisa belanja bahan-bahan makanannya di HappyFresh. Tinggal klik, bayar dan pesananmu pun akan diantarkan ke depan pintumu. Urusan belanja jadi mudah, kan?