Install Sekarang!

Hari natal selalu menjadi momen yang banyak dinantikan di seluruh dunia. Berbagai macam makanan dan dekorasi menjadi faktor pendukung untuk memeriahkan hari yang selalu dirayakan setiap tanggal 25 Desember ini. Namun, tak hanya itu ada berbagai tradisi unik dari berbagai negara untuk merayakan hari natal. Simak selengkapnya di sini yuk.

1. Hiasan the yule goat dari Swedia

tradisi hari natal di seluruh dunia

Di Swedia perayaan natal dirayakan dengan menggunakan ornamen yang unik bernama the yule goat. Tradisi ini sudah sejak lama dilakukan yaitu sejak abad ke-11 berdasarkan cerita mengenai seekor kambing yang berukuran manusia dan dimiliki oleh Santo Nikolas. Kabarnya, kambing ini dapat memiliki kekuatan untuk mengendalikan iblis. Kini kambing Yule dijadikan sebagai ornamen yang digantung di pohon Natal di setiap sudut kota Swedia.

2. Boneka Tió de Nadal dari Spanyol

tradisi hari natal di seluruh dunia

Jika di Swedia memiliki ornamen kambing Yule, di Spanyol dirayakan dengan Tió de Nadal. Setiap malam di antara tanggal 8 atau 24 Desember biasanya anak-anak akan memberi makan ornamen yang terbuat dari kayu ini dengan air dan menyelimutinya.

3. Lentera kertas dari Filipina

tradisi hari natal di seluruh dunia

Di Filipina hari natal juga dirayakan dengan meriah bahkan masyarakatnya sudah mulai mempersiapkan dekorasi di bulan September. Banyak orang di Filipina akan menggantungkan lentera kertas yang dinamakan parol di jalan-jalan atau depan rumah mereka.

4. Krampus: sosok seram dari Jerman dan Austria

tradisi hari natal di seluruh dunia

Jika biasanya hari natal dirayakan dengan penuh suasana hangat dan sukacita, Jerman dan Austria punya cara yang sedikit menyeramkan. Saat natal masyarakat di sana merayakannya dengan mengenakan kostum berbulu dengan tanduk dan taring bernama krampus.

5. Befana, penyihir asal Italia

tradisi hari natal di seluruh dunia

Mirip dengan perayaan Krampus di Austria dan Jerman, di Italia masyarakatnya memiliki tradisi natal dengan mengenakan pakaian penyihir bernama Befana. Mirip dengan Sinterklas, Befana juga akan masuk ke dalam cerobong asap dan meninggalkan hadiah untuk anak-anak.

6. Pertunjukkan wayang kulit di Indonesia

tradisi hari natal di seluruh dunia

Sebenarnya di Indonesia memiliki banyak tradisi perayaan hari natal seperti rabo-rabo di Jakarta, kunci taon yang digelar di Manado, dan Marbinda di Sumatera Utara. Namun, di Yogyakarta perayaan natal dirayakan dengan pertunjukkan wayang kulit dengan tema Kelahiran Yesus Kristus yang menggunakan bahasa Jawa.


BACA JUGA: Cari Resep Natal? Rayakan Natalmu Dengan Angsa Panggang Dan Cokelat Truffle


Wah, ternyata di setiap negara punya caranya masing-masing untuk merayakan hari natal ya? Nah, kalau kamu punya tradisi seperti apa nih untuk merayakan momen bahagia ini? Jika ingin mengadakan acara kumpul bersama keluarga di malam natal, sebaiknya persiapkan kebutuhan mulai dari sekarang. Pesan saja melalui HappyFresh. Personal shopper akan membantumu mencari setiap kebutuhan yang diperlukan. Selagi mempersiapkan dekorasi di rumah, belanjaanmu akan langsung diantarkan. Mudah dan nggak repot ‘kan? Biar makin hemat, pakai juga voucher promo Year-End Wonderland yang tersedia di aplikasi. Belanja sekarang yuk.