Kehadiran buah hati di tengah keluarga tentu menjadi kebahagiaan yang tak tergantikan. Karenanya, sebagai orangtua kita pasti selalu ingin memberikan yang terbaik khususnya untuk menunjang tahap perkembangan bayi dari bulan ke bulan.

Nah, bagaimana dengan buah hati Anda? Apakah perkembangannya berjalan lancar? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa saja tahap perkembangan bayi usia 0-12 bulan?

Berikut 5 tahap perkembangan bayi usia 0 hingga 12 bulan yang perlu diperhatikan:

1. Tahap perkembangan bayi di bawah 1 bulan

tahap perkembangan bayi-umur-satu-minggu-mengenggam-jari-ibu

Pada minggu pertama, bayi belum memiliki pendengaran yang sempurna namun dapat mengenali suara sang Ibu. Di tahap ini pula si Kecil sudah mulai memiliki kemampuan gerak yang cukup baik seperti menggenggam jari Mama. 

2. Tahap perkembangan bayi 1-3 bulan

tahap perkembangan bayi

Memasuki bulan pertama, umumnya bayi akan mulai mengangkat kepala, merespon suara, memandang wajah hingga melihat pola warna hitam dan putih. Lalu di bulan kedua si Kecil sudah bisa mengangkat kepalanya dalam waktu singkat.

Perkembangan bayi ini akan berlanjut saat memasuki bulan ketiga. Saat mengangkat kepala, ia dapat menahannya lebih stabil. Ia juga sudah bisa mengenali wajah, tersenyum dan tertawa. 

 

Susu formula diskon 6%, klik di sini!

 

3. Tahap perkembangan bayi di usia 4-6 bulantahap perkembangan bayi-usia-4-bulan-mulai-mengangkat-kepala

Bagaimana tahap perkembangan bayi usia 4-6 bulan? Umumnya, di bulan ke-4 si Kecil sudah dapat menahan berat badan dengan kaki. Di tahap ini pula, bayi sudah mulai mengoceh ketika diajak berbicara. Nah, di bulan kelima beberapa bayi biasanya sudah mulai berguling dan sering bermain sendiri dengan tangan dan kakinya.

Memasuki bulan ke-6, buah hatimu akan meniru suara hingga mulai duduk sebentar tanpa bantuan. Selain itu, di usia ini bayi juga sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat

Oh iya, jika kamu bertanya “umur berapa bayi bisa duduk?”, maka usia 4-6 bulan ini jugalah waktu idealnya.

4. Tahap perkembangan bayi usia 7-9 bulan

pertumbuhan bayi-usia-7-bulan-mulai-merangkak

Di bulan ketujuh bayi sudah mulai merangkak dengan menggerakkan perut. Ia juga akan meniru suara kata serta meraih sebuah benda. Tahap tumbuh kembang bayi selanjutnya adalah ia akan dapat memindahkan suatu benda dari tangan satu ke tangan lainnya.

Selain itu, ia juga sudah mulai merangkak. Kemudian di usia ke sembilan bulan, Ibu dan Ayah harus mulai bersabar nih. Di tahap ini, sang bayi menyukai meraih, menjatuhkan dan melempar obyek. Sebaiknya, sediakan pula mainan yang membantu mengembangkan motorik anak. 

5. Tahap perkembangan bayi usia 10-12 bulan

pertumbuhan bayi-sudah-mulai-bisa-berdiri

Usia 10 bulan bisa dibilang merupakan tahap tumbuh kembang bayi yang cukup ditunggu-tunggu oleh orangtua. Di tahapan ini bayi sudah mulai belajar untuk berdiri sendiri walau hanya bertahan beberapa detik saja. Lalu memasuki usia 11 bulan, si Kecil akan mengerti perintah sederhana dari Mama atau Papa. Nah, di bulan ke-12, bayi sudah mulai melangkah dan dapat menunjukkan keinginannya dengan menggunakan bahasa tubuh. 

Bagaimana pertumbuhan bayi kamu saat ini? Apakah si Kecil belum menunjukkan gerakan-gerakan sesuai tahapan di atas? Nggak perlu risau, perlu diingat jika perkembangan bayi dari bulan ke bulan selalu berbeda-beda dan rutinlah untuk periksa keadaan si kecil ke dokter. Selain itu, perhatikan pula setiap perkembangan kognitif si Kecil. Semoga bermanfaat!

Belanja perlengkapan bayi online di HappyFresh Supermarket

Sekarang, beli perlengkapan bayi gak perlu repot-repot keluar rumah. Kamu bisa belanja online semua kebutuhan si kecil mulai dari susu, popok, sampo bayi, dan lainnya secara online di HappyFresh Supermarket!

Khusus untuk kamu pelanggan baru, dapatkan diskon spesial untuk belanja pertama hingga 35 ribu! Ditambah gratis ongkir tanpa syarat, belanja jadi lebih mudah & hemat, ‘kan? Kamu juga bisa atur jadwal pengiriman sesuai keinginan mulai dari jam 6 pagi, lho. Pokoknya, semua #BisaDiatur!

Tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang juga di HappyFresh Supermarket. Happy shopping!

Ambil diskonnya sekarang!

BACA JUGA: Bayi Mulai Mengoceh? Begini Tahapan Perkembangan Bayi Mulai Bicara

perkembangan bayi


Referensi: