Install Sekarang!

Bekerja di perusahaan startup setelah lulus kuliah telah jadi salah satu pilihan karir yang populer di kalangan fresh graduate. Perkenalkan Juniardy Tanurrezal, akrab disapa Jun, yang lulus dari jurusan Manajemen 2 tahun silam. Selepas kuliah, ia memulai karir sebagai online marketing analyst di HappyFresh.


“Saat kuliah, gak banyak kesempatan untuk aku menyelesaikan masalah. Di startup, aku dipercaya untuk melakukan berbagai hal dan menyelesaikan masalah dengan caraku sendiri.”


“Aku baru banget lulus dan mencari kesempatan yang tepat untuk belajar dan tumbuh berkembang sebagai expert dalam suatu bidang. Terus, aku lihat lowongan pekerjaan sebagai online marketing analyst buka di LinkedIn. Menurutku, lowongan itu menarik banget dan kebetulan aku memenuhi kriterianya. Sejauh ini, perjalananku cukup rewarding.” kata Jun.

Jun punya alasan tersendiri mengapa ia memilih untuk kerja di startup. “Saat kuliah, gak banyak kesempatan untuk aku menyelesaikan masalah. Di startup, aku dipercaya untuk melakukan berbagai hal dan menyelesaikan masalah dengan caraku sendiri.”

Jun mengenang kembali salah satu tugas pertamanya di online marketing. “Aku diberi tugas untuk upload beberapa promosi ke HappyFresh menggunakan Spree (alat e-commerce). Aku ingat rasanya gugup banget, karena semua yang di-upload akan langsung naik ke aplikasi. Tapi, itu semua bagian dari serunya.”

Memecah Goals Jadi Milestones

Saat ditanya tentang tujuan jangka panjangnya, Jun mengatakan bahwa ia ingin bekerja di bidang corporate strategy suatu hari nanti.

“Untuk mencapai tujuan ini, aku punya beberapa milestone yang sepertinya harus kuraih dulu. Pertama, aku harus buat progress lebih jauh di pekerjaanku yang sekarang. Lalu, aku akan lanjut studi S2.”

Untuk milestone pertama, Jun sudah melangkah cukup jauh. Setelah bekerja sekitar 4 bulan di online marketing, Jun diberi peran baru sebagai data analyst di divisi HappyData HappyFresh, dan ia berhasil naik jabatan sebagai senior associate for campaign & data analytics di mana ia bekerja dengan brand FMCG besar.

“Salah satu project yang paling berkesan untuk aku adalah campaign 11/11 dan 12/12. Aku menganalisa campaign data untuk para pemain FMCG besar di Asia Tenggara. Aku sangat bangga gak hanya karena tim melampaui target, tapi karena kita juga bisa bersenang-senang selagi bekerja di lingkungan yang serba cepat.”


Baca Juga: Lika Liku Ganti Karir: Dari Bioteknologi ke Rekrutmen, Inilah Cerita Amelia.