Install Sekarang!

Hayoo, siapa yang bisa menyangkal jika tanggal gajian adalah salah satu yang paling ditunggu di dunia? Kamu bisa membayangkan setiap tanggal gajian tiba rasanya segala penat dan kelelahan bekerja menguap ke udara, Wuihhh. Belum lagi masuknya gaji ke rekening kamu berarti menandai kebebasan untuk berbelanja barang-barang yang sudah diidamkan sekian lama.

Tapi seperti siklus hidup lainnya, kebahagiaan karena gaji baru tiba bisa berubah seketika jika tidak berhati-hati dalam membelanjakannya. Puff! Tiba-tiba uang gaji menguap begitu saja. Ini warning buat kamu agar kamu belajar mengelola kebutuhan bulanan dengan baik.

Apakah kamu salah satu korban yang sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian tiba lagi? Terus, bingung uangmu habis ke mana saja? Nah, jika kamu merasa termasuk dalam kategori ini, tips rahasia mengelola belanja bulanan hemat ini wajib untuk kamu coba.

1. Buat Daftar Belanja Bulanan Hemat dan Pilih Supermarket Besar

Loh, bukannya kalau pergi ke supermarket besar itu malah membuka peluang untuk lapar mata ya? Bukannya malah jadi boros ya?

Jangan salah! Justru supermarket besar yang barangnya lengkap sering menawarkan potongan harga untuk menghabiskan stoknya. Cepatnya stok barang baru datang memaksa mereka menghabiskan stok lama yang kian mendekati masa kadaluarsa. Di sinilah kesempatanmu mendapatkan diskon.

Agar kamu tidak lapar mata, pastikan proses belanjamu didampingi daftar belanjaan detil yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Jika kamu bisa setia pada daftar belanjaan maka dompetmu bisa aman sampai akhir bulan nanti.

2. Barang Dalam Kemasan Besar Untuk Belanja Bulanan Hemat

Membeli barang dalam kemasan besar bisa jadi trik yang layak kamu terapkan demi menghemat pengeluaran. Memang harga barang dalam kemasan besar sekilas terkesan lebih mahal. Tapi jika dihitung dengan seksama sebenarnya volume produk dan harga yang harus kamu bayar akan berada di margin yang lebih menguntungkan.

Sebagai contoh, harga shampoo 90 ml adalah Rp 8.500, sedangkan harga shampoo ukuran 180 ml hanya Rp 16.000

Jika dihitung ulang, membeli shampoo berukuran 2 kali lipat lebih besar justru memungkinkan kita berhemat sebesar Rp 1.000. Kalikan angka Rp 1.000 dengan 10 produk yang kamu beli saat itu — kamu sudah bisa berhemat Rp 10.000!

Membeli produk berukuran besar juga bisa membuatmu tak harus cepat-cepat belanja lagi bulan depan. Produk berukuran besar itu bisa bertahan lebih lama, sehingga uangmu bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

3. Jangan Anti Membayar Pakai Kartu Kredit

Selama ini kamu pasti sering dengar saran jangan menggunakan kartu kredit saat belanja, karena tindakan ini tak ada bedanya dengan berhutang. Padahal tidak selamanya menggunakan kartu kredit itu buruk. Dalam beberapa kesempatan justru belanja dengan kartu kredit bisa memberimu keuntungan yang menarik.

Di beberapa supermarket besar bahkan ada program khusus yang bekerjasama langsung dengan provider kartu kredit. Jika belanja menggunakan kartu kredit tertentu kamu bisa mendapatkan potongan harga untuk tiap produk yang dibeli. Kalau memang menguntungkan, kenapa kartu kredit harus dijauhi? Tinggal pintar-pintarnya kamu saja agar tidak terjebak dalam hutang yang sia-sia.

4. Jangan Ragu Belanja Bulanan Online Melalui Applikasi Belanja Bulanan

Belanja pakaian secara online sudah umum kita dengar. Tetapi belum banyak yang membeli kebutuhan bulanannya menggunakan aplikasi belanja bulanan online. Padahal applikasi belanja bulanan menawarkan berbagai keunggulan dibanding belanja langsung di supermarket, yang pastinya akan sangat memanjakan kita.

Salah satu applikasi belanja bulanan yang terpercaya adalah HappyFresh. Melalui applikasi belanja bulanan HappyFresh kamu pasti akan menghemat biaya transportasi yang biasanya kamu keluarkan untuk pergi belanja bulanan. Karena HappyFresh menggunakan sistem delivery belanjaan pesanan kamu sampai di rumah. Selain itu tips-tips untuk belanja hemat dapat kamu lakukan dengan mudah jika menggunakan aplikasi HappyFresh loh!