Site icon

11 Cara Membersihkan Kaca yang Buram (Mudah & Ampuh!)

Kaca yang buram tentu akan mengurangi estetika rumah kamu. Penyebab kaca buram sendiri ada bermacam-macam, mulai dari debu hingga jamur yang menempel cukup lama. Nah, kali ini HappyFresh mau berbagi tips atau cara membersihkan kaca yang buram agar tampak bersih lagi.

Yuk, langsung aja disimak macam-macam cara membersihkan kaca yang kusam berikut ini!

Cara membersihkan kaca yang buram

Dalam menerapkan cara membersihkan cermin atau kaca yang buram, kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan yang ada di rumah, seperti:

1. Pasta gigi

Pasta gigi mengandung bahan yang dapat membantu mengangkat kotoran maupun jamur pada kaca.

Cara membersihkan cermin yang buram dengan pasta gigi juga mudah, yaitu:

2. Air perasan jeruk lemon

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk membersihkan cermin yang kusam, lho. Salah satu bahan alami tersebut adalah jeruk lemon. Kandungan zat asam pada lemon dipercaya ampuh untuk mengangkat kotoran pada kaca.

Cara membersihkan kaca yang buram dengan jeruk lemon adalah sebagai berikut:

3. Alkohol

Alkohol gak hanya membuat kaca yang buram jadi tampak bersih kembali, tapi juga bisa membasmi kuman yang menempel pada kaca.

Berikut cara membersihkan kaca yang kusam dengan cairan alkohol:

4. Kaporit

Kita lebih mengenal kaporit sebagai pembersih kolam renang. Nah, ternyata bahan kimia ini juga ampuh untuk membuat kaca di rumah kamu kembali bersih, lho.

Ini dia cara membersihkan cermin yang buramuuuuuu dengan kaporit:

5. Cuka

Cuka adalah bumbu dapur yang gak cuma bisa menyedapkan masakan, tapi juga dapat membersihkan kaca cermin yang buram, lho.

Cara membersihkan kaca yang buram adalah sebagai berikut:

6. Baking soda

Bumbu dapur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca yang buram adalah soda kue. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

7. Kertas koran

Punya kertas koran bekas jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kaca di rumah yang mulai kusam.

Kertas koran memiliki daya serap air yang baik sehingga bisa membantu mengangkat kotoran maupun jamur di kaca. Caranya adalah sebagai berikut:

8. Filter kopi

Sama seperti kertas koran, filter kopi juga bisa mengangkat kotoran pada kaca karena memiliki daya serap yang baik. Cara membersihkan kaca yang kusam menggunakan filter kopi sama seperti kertas koran, yakni:

9. Sabun cuci piring

Kamu juga boleh menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan kaca. Cara membersihkan cermin pakai sabun cuci piring adalah sebagai berikut:

10. Asam sitrat

Apabila kotoran di kaca telah membandel, kamu bisa menggunakan cairan asam sitrat sebagai solusinya. Asam sitrat juga berfungsi untuk membasmi kuman yang menempel pada kaca atau cermin.

Cara membersihkan cermin yang buram dengan asam sitrat adalah sebagai berikut:

11. Cairan pembersih kaca

Cara membersihkan kaca yang buram paling mudah tentu saja dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca. Cairan ini memang sudah diformulasikan untuk mengangkat kotoran dan jamur, serta membunuh kuman yang menempel.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Rekomendasi produk pembersih kaca terbaik 2022

Nah, ngomong-ngomong soal pembersih kaca, HappyFresh punya rekomendasi produk pembersih kaca terbaik yang bisa kamu gunakan. Semua produk ini bisa kamu beli di HappyFresh Supermarket dengan harga terjangkau! Ada apa aja, sih?

1. Mr. Muscle Glasses Cleaner All Types Original

2. Mr. Muscle Apple Fragrance Glass Cleaner Refill

3. Mr. Muscle Anti Bacterial Glass Cleaner Refill

4. Mr. Muscle Fresh Fragrance Glass Cleaner Refill

5. Mr. Muscle Windex Glass Cleaner Apple

Penyebab kaca buram dan tips mencegahnya

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab kaca buram. Faktor yang paling umum adalah kotoran dan jamur. Ini biasanya akibat kaca jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan sama sekali.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menerapkan sejumlah tips mencegah kaca buram atau kotor berikut ini:

Belanja kebutuhan rumah lengkap di HappyFresh Supermarket

Cari produk pembersih kaca dan kebutuhan rumah tanggal lainnya? Semua ada di HappyFresh Supermarket. Kamu gak perlu repot-repot keluar rumah, apalagi di tengah wabah COVID-19 yang kembali naik akhir-akhir ini. Tinggal pilih belanjaan yang kamu mau di aplikasi, sisanya biar kami yang urus hingga sampai ke rumah kamu.

Selain itu, kamu bisa atur jadwal pengiriman sesuai kebutuhan kalau belanja di HappyFresh Supermarket. Gak ketinggalan, ada diskon dan promo menarik setiap harinya yang bisa kamu nikmati, mulai dari flash sale hingga gratis ongkir! Jadi, tunggu apalagi? Belanja sekarang juga di HappyFresh Supermarket, yuk! Klik gambar di bawah ini untuk mulai belanja. Happy shopping!


Baca juga: 6 Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat