Liburan telah tiba! Lebaran di Indonesia, bisa jadi adalah salah satu momen liburan yang paling ditunggu-tunggu, baik oleh adik TK hingga ayah dan bunda yang bekerja. Terutama, dinanti-nanti oleh mereka yang akan mudik dan pulang ke kampung halamannya. Liburan saat Lebaran dimanfaatkan untuk traveling dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama si kecil.

Buat kamu yang akan membawa si kecil mudik untuk pertama kalinya, hal pertama yang akan terbesit di kepala adalah: Gimana caranya biar anak nyaman sepanjang jalan? Apa saja yang harus disiapin? Kalau anak menangis karena bosan, apa yang bisa dilakukan? Kali ini kamu bisa simpan sejenak semua kekhawatiran yang melekat dan santai sejenak, karena HappyFresh punya tips untuk kamu mudik lebaran nyaman bersama yang tersayang. Langsung aja yuk, cek tipsnya!

mudik bersama anak kecil

  • Berencana dari jauh-jauh hari

Sudah tahu mau kemana dan naik apa? Dengan merencanakan itinerary dan packing list mudik sejak jauh-jauh hari, ini akan mencegah kepanikan saat yang mendadak tiba-tiba muncul sebelum berangkat. Dengan ini, kamu juga bisa mengatur apapun itu kebutuhan si kecil dengan lebih fleksibel. Kebutuhan setiap anak berbeda, dan sama halnya dengan orang tua. Agar mudik lebaran lebih nyaman, mulai rencanakan setidaknya 2 minggu sebelum hari H.

  • Bawa mainan/hiburan untuk anak

Beda halnya dengan orang dewasa, si kecil butuh hiburan hampir setiap saat. Untuk mencegah mood-nya menjadi buruk karena kebosanan melanda selama perjalanan, jangan lupa siapkan hiburan untuknya, baik itu mainan favoritnya atau buku cerita kesayangannya, hiburan kecil seperti ini akan sangat membantu menunjang kenyamanan anak selama perjalanan.

  • Packing lebih awal

Mirip perihalnya seperti poin nomor 1, packing lebih awal juga membawa banyak manfaat bagi orang tua yang akan bepergian dengan si kecil. Walaupun rasanya seperti satu lemari ingin dibawa saja agar aman, ada baiknya untuk ambil waktu sejenak dan pilah-pilih apa yang si kecil benar-benar butuhkan, seperti beberapa pasang celana dan atasan disertai 1 jaket hangat saja. Dengan ini, saat hari H mudik tiba, kamu bisa langsung berangkat dengan tenang tanpa harus khawatir ada yang tertinggal.

  • Jangan sampai ketinggalan 2 hal ini!

Ada 2 hal yang gak boleh dilupakan dan penting untuk dibawa selama mudik lebaran bersama si kecil. Popok dan camilan! Toilet yang gak selalu bisa diakses selama perjalanan membuat para ayah dan bunda khawatir. Dengan menyiapkan popok, perjalanan mudik akan lebih menyenangkan. Selain itu, bawakan si kecil camilan favoritnya ya! Mengunyah camilan favorit selama perjalanan bisa membuat hatinya senang dan tidak gampang rewel. Jadi, jangan sampai tinggalkan 2 hal penting ini ya!

  • Sesuaikan akomodasi transportasi

Mudik naik mobil, naik kereta atau naik pesawat tentu membutuhkan akomodasi berbeda bagi si kecil. Jika bepergian dengan mobil, pastikan membawa semua keperluan dan perlengkapannya, terutama jika kamu membawa balita. Misalnya: siapkan selimut tipis untuk pastikan si kecil tidak kedinginan selama perjalanan. Bawa juga bantal kesayangannya. Jika naik kereta/pesawat, pastikan kamu bawa mainan kesayangannya atau alihkan perhatian agar si kecil tidak bosan dengan menonton film kartun favoritnya.

Mudik lebaran dengan si kecil bisa jadi momen yang paling menyenangkan, bukan? Jika semua perlengkapan sudah siap, tak perlu khawatir si kecil akan bosan/tidak dapat menikmati perjalanan. Demikianlah beberapa tips mudik bersama anak dari HappyFresh! Semoga liburanmu #MakinNyaman, teman-teman! Jangan lupa, selama liburan pun, HappyFresh selalu ada untuk membantumu dalam mengurus belanja bulanan dari supermarket dan specialty store favoritmu. Sudah punya aplikasinya? Download sekarang, yuk!

Download Sekarang