Install Sekarang!

Apakah kamu sering mengalami rambut rontok? Ternyata rambut rontok merupakan hal yang cukup wajar lho, HappyFresher.

Pasalnya, apabila rambutmu rontok sebanyak 50 hingga 100 helai setiap harinya, maka hal tersebut masih dianggap sehat.

Hal tersebut dianggap wajar karena rambut yang baru akan tumbuh secara bersamaan dan menggantikan rambut rontokmu.

Rambut rontok berlebihan yang terhitung sebanyak kira-kira lebih dari 100 helai per hari biasa disebut dengan telogen effluvium. Kerontokan yang terjadi biasanya secara menyeluruh pada bagian kepala dan tidak menyebabkan kebotakan pada satu area tertentu saja.

Apa biasanya penyebab rambut rontok?

Penyebab rambut rontok tipe telogen effluvium biasanya adalah stres berlebihan. Baik stres secara emosional ataupun fisik, hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Stres secara emosional contohnya adalah saat kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, dan sebagainya. Nah, sedangkan stres secara fisik contohnya adalah seperti melahirkan.

Penyebab rambut rontok pada pria

Sejauh ini, penyebab kerontokan rambut yang paling umum pada pria adalah meningkatnya sensitivitas terhadap hormon dihidrotestoteron (DHT). Menurut seorang dokter yang sering menangani masalah kerontokan pun mengungkapkan bahwa 50% pria akan mengalami kehilangan rambut saat mereka berusia 50 tahun.

Apabila seorang pria belum mencapai usia 50 tahun dan sudah mengalami kerontokan secara terus-menerus, ini bisa jadi tanda kebotakan. Berikut penyebab lain kerontokan rambut pada pria:

  1. Ketombe – Seborrheic dermatitis atau ketombe bisa menyebabkan rambut rontok dari perubahan hormonal atau fluktuasi produksi minyak yang berlebihan pada kulit.
  2. Psoriasis – Kondisi autoimun ini menyebabkan pertumbuhan sel kulit mati berlebihan dan gatal. Apabila digaruk akan menyebabkan kerontokan pada rambut.
  3. Kurap – Kerontokan rambut pun bisa disebabkan oleh jamur tinea yang menghasilkan bercak merah pada kulit kepala. Apabila jamur diobati, biasanya rambut kembali tumbuh dalam 6-12 bulan.

Penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab

Mengenakan jilbab sudah menjadi kewajiban bagi kaum muslimah dan sudah banyak kaum wanita yang menyadari kewajiban tersebut.

Namun, masalah-masalah yang sering dikeluhkan para wanita berjilbab adalah rambut rontok, berketombe dan juga lembab sehingga membutuhkan perawatan khusus. Ini dia penyebab rambut rontokmu pada wanita berjilbab:

  1. Mengenakan jilbab saat rambut basah – Rambut yang lembab bisa menimbulkan ketombe yang juga bisa mendatangkan kerontokan rambut.
  2. Ikatan rambut terlalu kencang – Hal ini bisa memberikan tekanan berlebihan pada folikel rambut sehingga bisa memperburuk kesehatan dan diikuti dengan kerusakan rambut permanen.
  3. Tidak melepas jilbab dan ikat rambut – Tidak adanya ruang bagi rambut untuk bernafas khususnya setelah sekian lama beraktivitas di luar ruangan bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan

Banyak cara mengatasi rambut rontokmu yang berlebihan yang bisa kamu coba. Mulai dari yang alami, seperti menggunakan lidah buaya, minyak kemiri, buah alpukat, hingga yogurt.

Namun, untuk kamu yang sibuk pastinya ingin yang serba cepat dan mudah dipakai. Berikut produk-produk yang bisa kamu beli di HappyFresh sebagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan:

Itulah dia pengertian, penyebab pada pria dan rambut berjilbab, dan cara mengatasi rambut rontok berlebihan, hingga produk-produk atau serum dan vitamin, HappyFresher!

Cara berbelanja di situs HappyFresh

Sudah nggak bingung lagi kan bagaimana cara mengatasi rambut rontokmu? Nah, jangan tunggu lagi.

Ayo, belanja produk-produk perawatan rambut rontoknya di HappyFresh. Keaslian produk pastinya terjamin karena HappyFresh telah bekerjasama dengan banyak supermarket besar di Indonesia.