Install Sekarang!

Kalau bicara nostalgia di hari raya, biasanya ketupat tercetus di kepala. Memang belum terasa nuansa Hari Raya tanpa makanan yang satu ini. Jelang Hari Raya, ketupat hijau pasti bertebaran dan dijajakan. Tradisi ketupat di Hari Raya bukan sesuatu yang baru, lho. Ketupat sudah diperkenalkan ke masyarakat Jawa oleh Sunan Kalijaga sejak dahulu kala, dan tentunya ajaran ini masih terbawa hingga hari ini. Bukan hanya di Indonesia, ketupat juga digemari di luar Indonesia, terutama di negara Asia Tenggara yang turut merayakan Hari Raya seperti Malaysia dan Singapura.

Kali ini, HappyFresh akan berbagi resep untuk buat ketupat yang super praktis, dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Dan seperti biasa, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep ketupat ini semua tersedia di pasar swalayan kesayanganmu lewat HappyFresh!Shop Now at Happyfresh

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1/2 kg beras
  2. 5 liter air santan
  3. Garam secukupnya

ketupat lebaran hari raya matang

Udah siap semua bahannya? Yuk, langsung nyebur ke resep! Simak di bawah ini ya:

Resep Ketupat Khas Lebaran, Gak Bikin Lebar-An.

  1. Pastikan beras teksturnya empuk. Sebelum memasak, rendam beras selama semalaman.
  2. Setelah beras empuk, masukkan dalam anyaman ketupat sebanyak ⅓.
  3. Masak air santan di atas api sedang, dan tambah garam sesuai selera.
  4. Masukkan ketupat hingga anyaman berubah warna menjadi cokelat. Proses ini akan memakan kurang lebih 2,5-3 jam.
  5. Angkat ketupat dan tiriskan.
  6. Ketupat siap disajikan!

Walaupun proses masaknya cukup lama, langkah memasak ketupat cukup singkat ‘kan? Tapi, ketupat doang pastinya belum cukup! Biar acara makan-makan hari Raya-mu makin seru, yuk jodohkan ketupat dengan beberapa makanan pendamping di bawah ini! Psst, kalau tertarik untuk buat salah satu makanan di bawah, blog HappyFresh udah punya resepnya, lho! Langsung aja klik link-nya, dan cus ke resep hidangan yang kamu mau.

ketupat opor ayam rendang lebaran idul fitri hari raya

Makanan yang cocok temani ketupatmu

  • Soto 

Nyoto, yuk! Karena ketupat berbahan dasar nasi, jadi cocok banget untuk jadi sampingan hidangan berkuah macam soto. Cek di sini untuk resep soto.

  • Opor 

Opor adalah salah satu hidangan khas Hari Raya yang gak kalah ikonik dibanding ketupat. Maka dari itu, opor dan ketupat udah jodoh banget deh! Klik link ini untuk cek resep opor dari HappyFresh.

  • Rendang 

Gak perlu jauh ke Padang untuk nikmati rendang. Kuah dan daging empuk hidangan satu ini pas banget lengkapi piring Hari Raya-mu. Penasaran? Cek resep rendang di sini.

  • Semur daging 

Serupa tapi tak sama dengan rendang, semur daging juga gak kalah kondang di meja makan keluarga Indonesia, dan pastinya akan menunjang tekstur empuk dalam ketupat juga. Cek resep semur daging di sini.

Itu dia resep ketupat untuk meriahkan Hari Raya-mu! Jangan lupa, kamu bisa dapatkan semua bahan dalam resep ini dari situs atau aplikasi HappyFresh yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Mungkin mau beras diganti jadi beras merah? Pesananmu bisa di-customize sesuai keinginan melalui fitur shopper notes, lho. Selain itu, pasang mata juga untuk berbagai promo terbatas di HappyFresh yang pastinya gak akan mau kamu lewatkan. Cek media sosial kita untuk update terbaru tentang promo bulanan, mulai dari diskon hingga gratis ongkir. Shopping experience fleksibel, hanya di HappyFresh!