Siapa yang gak kenal nasi kebuli? Hidangan nasi penuh rempah yang bikin kenyang ini memang jadi favorit banyak kalangan di seluruh nusantara, dan kerap disajikan saat Ramadan atau Idul Fitri. Saking disukainya di Indonesia, nasi kebuli jadi menu makan siang Presiden Jokowi saat Raja Salman berkunjung lho! Jadi, kenapa hidangan satu ini bisa “nyambung” di lidah Asia dan Timur Tengah? Ternyata, nasi kebuli diciptakan oleh seorang imigran Timur Tengah yang menetap di tanah air, sehingga menyatukan dua kultur kuliner yang berbeda dalam satu hidangan.

Kali ini, HappyFresh akan berbagi resep dan tips memasak nasi kebuli yang pastinya akan undang decak kagum dari sanak saudara di hari raya. Daftar bahan yang dibutuhkan untuk buat nasi kebuli memang gak sedikit, tapi jangan senewen dulu! Semua bahan ini tersedia di ujung jari lewat HappyFresh yang akan antar belanjaanmu ke depan pintu dalam waktu secepat satu jam aja. Apa aja sih bahan yang dibutuhkan untuk buat nasi kebuli? Yuk, cek di bawah ini:

Resep Nasi Kebuli Menemani Idul Fitri

Prep Time
30 Menit
Coking Time
60 Menit
Total Time
90 Menit
HappyFresh Icon
Serving Size
2 – 3 orang
HappyFresh Icon
Calorie
N/A
HappyFresh Icon
Category
Main Course
HappyFresh Icon
Cuisine
Indonesian

Resep Nasi Kebuli


Happyfresh Header banner
Happyfresh Header banner

Resep Nasi Kebuli Menemani Idul Fitri

  1. Siapkan daging iga kambing.

  2. Cuci bersih beras.

  3. Iris bawang bombay tipis-tipis dan sisihkan rempah atau bumbu yang akan digunakan.

  4. Di wajan, panaskan minyak samin dan tumis bumbu halus serta daun salam, daun jeruk, kembang lawang, kayu manis, dan cengkeh. Tumis hingga matang.

  5. Sediakan wadah berisi air. Masukkan garam, gula pasir, merica, santan, dan bumbu kari instan. Aduk hingga mendidih.

  6. Masukkan daging kambing dan bawang bombay iris ke wadah. Masak hingga empuk sesuai selera.

  7. Setelah empuk, angkat daging kambing dan tiriskan.

  8. Masak beras yang sudah dicuci bersih hingga jadi nasi aron. Setelah matang, matikan api dan diamkan hingga uap panas hilang.

  9. Kukus nasi kebuli selama 30 menit atau hingga matang sesuai selera.

  10. Taburi kismis di atas nasi yang sudah matang dan aduk rata.

  11. Goreng daging kambing yang sudah disisihkan.

  12. Sajikan nasi kebuli kambing bersama sampingan lainnya seperti telur dadar, acar nanas, atau emping. Jangan lupa taburi bawang goreng.


Itulah resep nasi kebuli kambing ala HappyFresh! Berbagai bumbu dan rempah yang ada di resep ini memang juara banget membuat nasi dan daging kambing semakin harum. Memasak nasi kebuli memang gak sebentar, apalagi proses memasak daging kambing memang butuh waktu ekstra disebabkan teksturnya yang berbeda dengan daging lainnya. Jadi, HappyFresh sarankan untuk memulai resep ini beberapa jam sebelum waktu berbuka atau acara lebaran dimulai. Lagipula, proses memasak yang cukup lama pasti membuahkan hasil yang sebanding!
resep nasi kebuli

Dapatkan semua bahan yang terdaftar di resep atas di supermarket andalanmu hanya di HappyFresh! Kami akan antar belanjaanmu ke depan pintu dalam waktu secepat 1 jam saja. Dipilih oleh shopper, dan diantar oleh rider, kini kamu bisa skip ngantri di kasir dan bermacet-macetan dalam proses belanja bulanan. Yuk, download aplikasinya di App Store atau Google Play Store hari ini!