HappyFresh Promo

Bikin donat kentang empuk buat camilan di rumah yuk! Pakai resep donat kentang ini donatmu bisa mengembang sempurna. Bahan donat kentang ini juga sudah tersedia di supermarket favoritmu.

Nggak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan menyukai donat kentang ini. Apalagi jika teksturnya empuk dan lembut serta dilengkapi dengan berbagai topping sesuai selera.

Baca resep donat kentang empuk selengkapnya di bawah yuk!

Resep Donat Kentang Empuk

resep donat kentang empuk

Tingkat Kesulitan: Sedang | Waktu Memasak: 1 Jam 30 Menit | Porsi: 8-10 potong

Belanja Sekarang!

Bahan-bahan donat kentang yang diperlukan:

Cara bikin donat kentang:

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi ke dalam wadah dan aduklah hingga merata.
  2. Lalu masukkan kentang, kuning telur, dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tekstur adonan menjadi setengah kalis (elastis).
  3. Setelah itu tambahkan margarin dan aduk kembali hingga tekstur adonan menjadi sangat kalis.
  4. Jika adonan sudah kalis, potonglah menjadi beberapa bagian dan bentuklah menjadi bulat. Lalu letakkan adonan di atas loyang yang sudah ditaburi tepung terigu dan tutup dengan kain. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Jika adonan sudah mengembang, pipihkan dengan menggunakan tangan secara perlahan dan lubangi bagian tengahnya. Kemudian diamkan kembali adonan kurang lebih selama 20 menit.
  6. Panaskan minyak di wajan dan goreng adonan hingga berwarna emas kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan donat kentang, taburi dengan gula atau coklat tabur sesuai selera.
cara membuat kue
cara membuat kue
Heading layer
Slide
 

Tips biar donat empuk dan mengembang sempurna:

  1. Pastikan mengukus kentang tanpa mengupas kulitnya. Cara ini untuk mencegah kentang menyerap banyak air dan dapat membuat kentang jadi tidak gurih.
  2. Kamu bisa menambahkan tepung ketan ke dalam adonan untuk membuatnya lebih empuk. Namun, pastikan untuk masak tepung ketan terlebih dahulu. Menambahkan tepung ketan tidak akan mengubah rasa hanya membuat tekstur donat menjadi lebih empuk.
  3. Gunakan minyak yang banyak dan panas saat menggoreng donat kentang. Hindari menggoreng donat kentang dalam jumlah yang banyak. Cukup dua atau tiga donat dalam sekali goreng.
  4. Jangan terlalu sering membalikkan donat saat digoreng. Cukup balikkan donat jika bawahnya sudah berwarna coklat keemasan.

Sederhana ‘kan resep donat kentang di atas? Ingin mencoba membuatnya sekarang? Pesan saja semua bahan-bahannya di HappyFresh.

Kamu nggak perlu repot mengantri di supermarket dan bermacet-macetan di jalan.

Dapatkan juga belanjaan dengan harga hemat dengan promo menarik di aplikasi. Cobain sekarang yuk!

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Simpel! Resep Cookies Labu Kuning dengan Chocolate Chips

resep cookies


Referensi: