Yakin sudah tahu cara membuat kastengel keju yang renyah? Cek dulu nih resep kue keju kastengel ini dan siapkan cetakan kastengel kamu yah.

Tahukah kamu bahwa kue kering lebaran kastengel ini sebenarnya merupakan resep asli dari Belanda? Yap, kastengel bernama asli “kaastengels” yang berasal dari bahasa Belanda “kaas” (keju) dan “stengels” (batangan).

Kastengel kini menjadi salah satu resep masakan Indonesia yang selalu disajikan pada saat perayaan hari raya Idul Fitri.

Nah, jarang disajikan sendiri, kastengel juga selalu banyak temannya yang menemani seperti nastar, putri salju, lidah kucing, sagu, dan kue kering lebaran lainnya.

Ingin tahu cara membuat kastengel keju yang renyah tapi juga lumer di mulut?

Pastinya pas banget buat disajikan ke para tamu yang berkunjung ke rumah saat hari raya lebaran nanti. Simak resepnya di bawah sini ya.

Resep Kue Keju Kastengel

resep kue kastengel keju dan cara membuat kastengel

Persiapan: 30 menit |Waktu memasak: 60 menit |Porsi: 2 toples

Bahan resep kue keju kastengel:

 

Cara membuat kastengel keju:

  1. Aduk tepung terigu, maizena, dan susu bubuk hingga merata, kemudian sisihkan.
  2. Kocok mentega menggunakan mixer hingga lembut, matikan mixer.
  3. Masukkan 200 gr keju parut ke dalam mentega, lalu aduk rata dengan spatula.
  4. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan basah, sambil diayak, kemudian aduk rata.
  5. Letakkan adonan di atas talenan, kemudian gilas tipis dan cetak sesuai selera menggunakan cetakan kastengel.
  6. Susun kue di atas loyang, olesi permukaan dengan kuning telur, dan taburi keju secukupnya.
  7. Panggang kue dalam oven dengan suhu 130° C hingga kue kering terlihat kuning kecoklatan.

Cuma resepnya saja ya gak cukup kan? Pastinya ada tips dan trik tertentu untuk memastikan agar kue kering kastengel kejunya bisa renyah tahan lama, gurih, dan lumer di mulut. Seperti apa ya tips dan triknya? Yuk, mari cek aja tips dan trik cara membuat kue kering lebaran kastengelnya di bawah sini.

cara membuat kastengel

Tips & trik cara membuat kastengel keju renyah lumer di mulut

  1. Gunakan mentega atau butter khusus untuk membuat kue. Alasannya adalah agar kue keringmu mempunyai aroma yang gurih nan lezat hingga bisa mempunyai cita rasa yang luar biasa.
  2. Ganti keju cheddar dengan keju yang lebih gurih seperti jenis edam atau guoda yang khas dari Belanda. Nah, keju edam atau guoda mempunya rasa gurih khas keju Eropa yang berbeda dibandingkan dengan keju cheddar biasanya. Makanya, sangat patut untuk kamu coba.
  3. Jangan mengocok mentega terlalu lama agar nantinya kue tidak rapuh. Kamu cukup mengocok mentega hingga adonan terlihat berwarna lebih pucat.
  4. Biarkan kue benar-benar dingin dan mengeras sebelum dimasukkan ke dalam toples. Udah gak sabar untuk mencoba kuenya kan? Nah, jangan lupa untuk gunakan toples yang kedap udara agak kerenyahan kue bisa tahan lama.
  5. Selalu perhatikan panggangan kue saat sedang memanggang kastangel. Jangan tinggalkan ovenmu begitu saja ya. Selalu lakukan pengecekan setiap lima menit sekali, agar kuemu tidak gosong dan menjadi pahit.

Begitulah sejarah, resep, hingga tips membuat kue kering khas lebaran kastengel. Selamat mencoba di rumah ya. Males keluar rumah untuk beli bahan-bahannya? Gampang kok. kunjungi aja situs HappyFresh atau download aplikasinya di App Store atau Play Store dalam telepon genggam pintarmu. Siapa tau ada diskon hemat hingga 25%.

Belanja Sekarang!

BACA JUGA: Kue Putri Salju Lembut dan Lumer di Mulut

resep kue putri salju


Referensi: