promo gratis ongkir HappyFresh

Kamu sudah tahu belum cara membuat tempura udang khas Jepang yang renyah? Kebayang ‘kan gurihnya udang yang lembut dan dibalut dengan adonan tepung renyah sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

Konon, resep adonan tepung yang benar untuk membuat tepung tempura Jepang adalah adonan yang encer dan dingin. So, bagaimana cara sederhana membuat tepung tempura Jepang sendiri yang lezat dan renyah? Siapkan catatan dan alat tulis kamu, berikut ini resep tempura udang yang renyah khas jepang.

Resep tempura udang

HappyFresh_resep_tempura_udang

Persiapan: 20 menit |Waktu memasak: 50 menit |Porsi: 5-10 pcs

Cek Diskon Terbaru!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram udang
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • 200 ml air dingin

Cara membuat tempura udang:

a. Cara membuat adonan tepung:

  1. Campurkan tepung, baking powder, dan garam hingga merata. Lalu, kocok lepas kuning telur, dan tambahkan air dingin. Rahasia untuk membuat tempura renyah, yaitu menjaga adonan tepung selalu dingin.
  2. Kemudian, tuangkan campuran telur ke dalam campuran tepung tempura. Aduk adonan dengan secukupnya saja, nggak perlu sampai merata dan jangan khawatir jika  ada tepung yang menggumpal. Jika adonan terlalu banyak diaduk, tempura udang justru tidak akan menjadi renyah.
cara membuat korean toast
cara membuat korean toast
cara membuat korean toast
cara membuat korean toast
cara membuat korean toast
Slide 1
 

b. cara menggoreng tempura udang:

  1. Balurkan sedikit tepung maizena ke atas udang yang sudah dibersihkan.
  2. Kemudian, celupkan udang ke adonan tepung beberapa kali hingga seluruh bagian udang terlumuri adonan tepung, kecuali bagian ekor udang.
  3. Gorenglah udang selama 2-3 menit sampai berwarna keemasan.
  4. Kalau ingin tempura udang memiliki ‘kulit’ yang sangat banyak, tuangkan sedikit adonan tepung tambahan ke atas udang setelah udang digoreng selama 5-7 detik.
  5. Angkat udang dan tiriskan minyaknya. Bila perlu, letakkan udang yang telah digoreng di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Sajikan udang selagi panas.

Agar tempura udang yang kamu buat bisa benar-benar renyah dan tidak berminyak, gunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng sampai udang terendam seluruhnya. Selain itu, pastikan minyak harus benar-benar panas sebelum memasukkan udang ke dalamnya.

Selain adonan tepung, kunci dari resep tempura udang Jepang ini adalah menggunakan udang yang segar dan memiliki kualitas tersendiri. Hal ini karena daging udang yang segar dan memiliki tekstur yang lembut cocok untuk dibuat tempura otomatis memiliki rasa yang lebih gurih.

Tips mencari bahan tempura udang yang hemat dan  berkualitas

Jika kebingungan untuk menemukan daging udang yang segar dengan tekstur yang lembut khas jepang, maka bisa membelinya dengan menggunakan aplikasi HappyFresh.

Saat berbelanja online dengan HappyFresh, barang belanjaanmu akan dipilihkan oleh Personal Shopper terlatih. Selain itu belanjaanmu bisa diantar sampai kerumah di waktu pengantaran sesuai keinginanmu, yaitu 1 jam atau tiga hari berikutnya.

Resep tempura udang di atas juga bisa digunakan untuk membuat tempura sayuran dengan jamur shiitake, bawang bombay, dan lain-lain lho.

Selamat mencoba! yuk belanja di HappyFresh


BACA JUGA: Lagi Bosan di Rumah? Cobain Nih Tempe Mendoan Renyah

tempe mendoan


Referensi: