Download Sekarang!

Pakai aplikasi HappyFresh memang sudah terkenal mudahnya. Cukup klik belanja semua keperluan yang ada di daftar belanjaan, dan mbak shopper akan langsung beraksi memilihkan pesananmu. Setelah itu, bang rider akan meluncur ke alamatmu untuk antar belanjaanmu. Apa saja yang menjadi tanggung jawab shopper atau rider saat menerima dan memroses pesananmu? Supaya lebih kenal, simak lebih jauh di sini! 

Siapakah shopper dan rider?

lowongan kerja happyfresh shopper rider

Shopper adalah mitra HappyFresh yang bertugas untuk memilih produk belanjaan yang kamu pesan melalui aplikasi. Salah satu tugas utama shopper adalah memilah produk dengan kualitas terbaik, baik produk segar ataupun kering. Selain harus mahir dalam memilih barang pesanan, shopper juga harus memiliki beberapa skill set lainnya seperti dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, terutama saat barang yang dipesan pelanggan tidak tersedia (out of stock). Shopper juga harus mahir perihal merekomendasikan barang pengganti, sehingga pelanggan memiliki alternatif lain. Skill set seperti ini juga merupakan bagian dari evaluasi performa mereka, agar dapat senantiasa memberikan layanan yang terbaik. 

Di sisi lain, rider adalah partner dari shopper yang tugas utamanya mengantar belanjaan yang sudah dipilih dan dimasukkan ke kantong belanja oleh shopper. Tugas utama rider adalah memastikan alamat yang dituju sudah lengkap dan tepat, sehingga pesanan dapat diantar sesuai dengan slot pengantaran yang sudah dipilih oleh pelanggan. Jika alamat yang dimasukkan pada pesanan tidak lengkap, bisa jadi rider akan lebih sulit mencari alamat tersebut dan pengantaran dapat terhambat. Bantu rider untuk dapat datang tepat waktu, dengan menambahkan catatan khusus saat pengisian alamat antar.

Bagaimana proses training shopper dan rider?

Untuk menjadi shopper dan rider di HappyFresh, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Yang pertama adalah proses wawancara, dimana pihak HappyFresh akan menggali pengalaman para kandidat shopper dan rider untuk memastikan semua persyaratan terpenuhi. Salah satu syarat utama menjadi seorang shopper atau rider adalah jenjang pendidikan harus setidaknya lulusan SMA. Setelah melalui tahap seleksi, para kandidat yang dipilih akan diundang ke kantor HappyFresh untuk proses induction.

Nah, di sinilah para shopper dan rider dilatih untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke lapangan. Pada tahap ini, shopper dan rider dituntut untuk dapat memahami visi dan misi HappyFresh, serta pentingnya peran mereka agar dapat memberikan kenyamanan berbelanja yang terbaik bagi pelanggan HappyFresh. Di tahap ini pula dijelaskan lebih jauh job description dan apa saja yang harus mereka kuasai sebelum terjun ke lapangan. 

Pelatihan Shopper

shopper happyfresh

Semua calon shopper HappyFresh akan dilatih bagaimana cara menggunakan aplikasi yang benar. Pelatihan ini wajib dan paling mendasar sebelum shopper terjun ke supermarket dan mulai membelanjakan pesanan para pelanggan. Pelatihan mencakup apa saja fitur-fitur yang tersedia, bagaimana alur kerjanya, hingga denah supermarket –hal-hal ini wajib dikuasai oleh seorang shopper. 

Saat terjun ke lapangan untuk pertama kalinya, shopper akan mengikuti (shadowing) shopper senior yang sudah ada di supermarket tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar shopper yang baru bergabung memiliki waktu yang cukup sebelum dapat melakukan pembelanjaan sendiri. Inilah pelatihan paling penting bagi para shopper karena di tahap ini, mereka akan diajari cara memilih produk segar dengan kualitas terbaik, cara cek tanggal kadaluarsa, fungsi dan kegunaan dari thermal bag dan kapan mereka harus menggunakannya. Pelatihan lapangan ini berlangsung selama empat hari, sehingga pada hari kelima, mereka sudah mulai bisa memilih belanjaan sendiri tanpa didampingi shopper senior. 

Bagaimana dengan rider?

rider happyfresh belanja bulanan

Untuk rekan-rekan rider, proses pelatihannya juga ada, namun lebih singkat durasinya dibanding shopper. Selepas induction di kantor, mereka langsung terjun ke supermarket dan diajari cara menggunakan aplikasi, sama seperti rekan shopper. Setelah proses ini usai, rider dapat langsung meluncur mengarungi aspal untuk antar belanjaan pelanggan. 

Setiap 3 bulan, proses training akan diperbarui lagi. Basic training akan diulang dari awal, dan pada sela-selanya akan diadakan refreshment training dimana para shopper dan rider akan dijelaskan mengenai fitur-fitur baru dan cara penggunaannya.  

Inilah sedikit penjelasan mengenai proses pelatihan untuk para shopper dan rider. Lain kali kamu bertemu mbak shopper atau bang rider di jalan, jangan sungkan untuk menyapa mereka, ya!

Belanja kebutuhan rumah di HappyFresh, lebih mudah & cepat!

Tidak perlu lagi mengantri dan terjebak macet saat berbelanja ke supermarket terlebih saat berpuasa. Dengan HappyFresh, kamu bisa melakukan apa yang kamu suka dengan orang – orang tercinta. Professional Shopper kami terlatih dengan baik untuk memenuhi kebutuhan belanja anda. Dapatkan grocery yang kamu butuhkan dalam waktu satu jam saja!

 

                         rider shopper happyfreshlowongan kerja happyfreshsupermarket online jakarta