Install Sekarang!

Saat Ramadhan datang, ternyata banyak daerah di nusantara yang punya cara mereka sendiri untuk menyambut bulan suci ini. Mulai dari tradisi Meugang di Aceh hingga Megibung di Bali, setiap tradisi memiliki keunikannya masing-masing.

Tradisi seperti apa saja yang tersebar di seluruh Indonesia? Wah, kalau dijabarkan satu-satu mungkin ngga akan cukup dalam satu artikel ini! Berikut 6 tradisi unik menyambut Ramadhan yang kami rangkum dari berbagai daerah di Indonesia. Apakah kampung halamanmu salah satunya?

sambut ramadhan tradisi indonesia

  • Meugang

Tradisi asal Aceh ini sudah ada sejak jaman Sultan Iskandar Muda. Meugang merupakan tradisi di mana seekor sapi atau kambing disembelih dan dagingnya dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Mirip dengan tradisi Idul Adha, Meugang diselenggarakan oleh warga Aceh untuk memastikan semua orang, tanpa memandang latar belakang, dapat menikmati makan bersama sebelum menunaikan puasa Ramadhan.

  • Nyadran

Nyadran merupakan tradisi menyambut Ramadhan yang kerap dilakukan keluarga Jawa Tengah. Sebelum Ramadhan tiba, mereka yang mengikuti kegiatan Nyadran akan berkunjung ke makam leluhur dan melakukan rangkaian penghormatan seperti membersihkan makam, menabur bunga, hingga melafalkan doa dan dzikir. Nyadran seringkali ditutup dengan makan bersama di penghujung acara.

  • Megengan

Sudah pernah dengar tradisi Megengan? Tradisi yang unik dari Demak ini diselenggarakan menjelang Ramadhan dengan membuka pasar Tiban yang terletak di alun-alun Demak. Nah, karena di pasar ini dijual banyak kue apem yang berasal dari bahasa Arab al-afwa yang berarti “memaafkan”, warga setempat saling membagikan kue apem di acara Megengan pada satu sama lain sebagai bentuk bermaaf-maafan sebelum bulan suci tiba.

  • Nyorog

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan berasal dari keluarga Betawi, pasti sudah gak asing dengan istilah Nyorog, bukan? Nyorog adalah tradisi Betawi yang dilakukan di hari-hari menjelang Ramadhan, dan dalam acara ini, anak-anak muda biasanya memberikan bingkisan kepada mereka yang lebih tua sembari meminta doa agar ibadah puasanya lancar selama satu bulan ke depan. Tidak jarang juga salah satu bingkisan yang diberikan datang dalam bentuk masakan khas seperti sayur gabus pucung. Tradisi ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama, dan acara Nyorog juga dilakukan sebelum upacara pernikahan di budaya Betawi.

  • Megibung

Tradisi Megibung datang dari Karangasem di pulau Bali. Walaupun mayoritas penduduk pulau Dewata memeluk agama Hindu, perayaan ini turut diselenggarakan untuk warga Muslim yang hendak berpuasa di bulan Ramadhan. Kegiatan Megibung sendiri merupakan acara makan bersama di mana porsi hidangan super besar disajikan di atas daun pisang dan para pendatang acara akan duduk di sekitarnya dan bersantap sama-sama. Selain mengenyangkan sebelum puasa di mulai, Megibung juga bentuk kuatnya diversitas pulau Bali dan mempererat hubungan antar agama.

  • Padusan

Last but not least, ada tradisi Ramadhan dari tanah Madura, nih! Tradisi Padusan premisnya cukup sederhana, yakni mandi bersama-sama di sumber air untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan. Membasuh diri di acara Padusan membawa makna membersihkan jiwa dan raga seseorang sebelum berpuasa, dan tradisi ini sudah dibawa turun temurun sejak jaman leluhur. Jaman sekarang, Padusan sering kali dilakukan di tepi pantai atau danau setempat.

Itulah beberapa tradisi unik menyambut Ramadhan dari seluruh nusantara! Apa kampung halamanmu punya tradisi Ramadhan tersendiri? Yuk, share di kolom komentar!

Di bulan suci ini, HappyFresh bekerja sama dengan WeCare.id untuk mengulurkan tangan bagi mereka yang membutuhkan. Kamu pun dapat berkontribusi untuk mencerahkan hari para pasien WeCare.id dengan cara berdonasi lewat aplikasi HappyFresh, lho! Klik tombol di bawah untuk segera berdonasi.

Sekecil apapun kontribusimu, artinya begitu besar bagi mereka. Terima kasih sudah berdonasi, teman-teman!

Donasi Sekarang