Install Sekarang!

MPASI atau Makanan pendamping ASI menjadi tahapan penting saat bayi memasuki usia 6 bulan. Pengenalan terhadap makanan padat pertamanya menjadi tahapan yang penting bagi pertumbuhan bayi. Karenanya, kita nggak boleh memilih bahan makanan sembarangan. Buah menjadi salah satu bahan makanan penting saat tahap ini. Berdasarkan tekstur dan rasanya, inilah 5 pilihan buah-buahan terbaik untuk dikonsumsi bayi.

1. Pisang

buah pisang mpasi

Pisang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi bayi seperti folat, serat, vitamin A, B6, B12 dan kalium. Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi si Kecil karena teksturnya yang lembut dan halus sehingga mudah dicerna. Namun, nggak semua jenis pisang dikonsumsi bayi. Dilansir dari Alodokter, pisang yang baik untuk dikonsumsi oleh bayi di antaranya, pisang ambon, kepok, emas dan susu.

2. Alpukat

buah alpukat mpasi

Dengan teksturnya yang lembut, alpukat menjadi buah yang paling sering digunakan untuk resep MPASI. Alpukat kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan K yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, alpukat juga mengandung folat dan serat.

3. Apel

buah apel mpasi

Tak hanya baik bagi orang dewasa, apel juga memiliki manfaat baik bagi bayi. Apel kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin A, B, C, D serta E. Nutrisi lainnya yan terdapat di dalam apel adalah flavonoid. Kandungan flavonoid ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sembelit dan diare.

4. Buah Naga

buah naga mpasi

Buah tropis ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi bayi. Antioksidan dan vitamin C dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Ada pula kandungan mineral yang membantu pembentukan tulang menjadi lebih kuat.

5. Pepaya

buah pepaya mpasi

Satu lagi buah yang kaya akan antioksidan dan bersifat sebagai anti inflamasi, yaitu pepaya. Dengan kandungan nutrisi Vitamin A, C, E, serat, dan folat pepaya dapat membantu memperlancar pencernaan bayi.


BACA JUGA: Biasakan Yuk, Terapkan 5 Hal Ini untuk Mencegah Gangguan Pernapasan Pada Anak


Berkaitan dengan poin-poin di atas, buah mana saja nih yang sudah tersedia di kulkas buat buah hati tersayang? Pastikan kamu selalu menyediakan buah-buahan dengan kualitas terbaik yah. Untungnya sekarang, kamu nggak perlu repot membeli stok buah lagi karena HappyFresh #SelaluBersamamu. Cukup dengan memilih supermarket terdekat dan personal shopper terlatih kami akan membelikan buah-buahan berkualitas. Setelah itu, belanjaanmu juga akan langsung diantarkan ke rumah.