Install Sekarang!

Cara mengatasi stres tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa saja. Stres juga bisa menimpa anak-anak. Gejala stres pada anak-anak bisa terindikasi dengan perubahan nafsu makan, emosi yang berubah-ubah, sering mengompol atau jadi sulit berkonsentrasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat lampiran cara mengatasi stres pada anak selama pandemi virus corona ini masih berlangsung. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memberikan perhatian ekstra kepada anak

kesehatan mental anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika respon anak-anak saat stres bisa berbeda-beda, misalnya menjadi lebih manja atau sering menangis. Di situasi seperti ini usahakanlah untuk memberikan perhatian dan kasih sayang ekstra.

2. Mendengarkan keluh kesah mereka

cara mengatasi stres pada anak

Dengarkanlah keluh kesah mereka. Cari tahu hal yang sedang menganggu pikiran atau membuat mereka khawatir. Sampaikan dengan baik-baik mengenai situasi saat ini. Ajarkan mereka untuk berbagi cerita bisa menjadi cara mengatasi stres yang cukup efektif.

3. Memantau hal yang mereka lihat atau dengar

dampak gadget terhadap anak

Menonton berita mengenai situasi terkini COVID-19 secara terus-menerus bisa menimbulkan ketakutan dan rasa cemas berlebihan. Tanpa disadari hal ini juga bisa dirasakan anak-anak. Pantau hal-hal yang mereka tonton atau dengar. Jika bisa buat kegiatan lain agar perhatian mereka teralihkan.

4. Membuat jadwal kegiatan seperti biasa

belajar memasak bersama anak

Cara mengatasi stres pada anak berikutnya, yaitu dengan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa meski hanya berada di dalam rumah. Kamu juga bisa membuat aktivitas seru lainnya untuk membuat anak-anak merasa lebih santai dan senang, misalnya dengan membuat kue bersama.

5. Jujur dan berikan penjelasan mengenai situasi terkini

cara mengatasi stres pada anak

Anak-anak terkadang membayangkan situasi lebih buruk dari kenyataan. Karenanya, penting untuk selalu memberikan fakta tentang situasi di luar. Jelaskan dengan perlahan tentang cara penyebaran virus terjadi dan praktikkan pencegahannya yang bisa dimulai dengan rutin mencuci tangan.


BACA JUGA: #TetapSemangatBersama, Ini 5 Cara Menghilangkan Stres Untukmu!


Dari kelima cara di atas, poin berapa yang sudah kamu sampaikan ke anak-anak? Bagaimana reaksi mereka sejauh ini? Sebisa mungkin alihkan perhatian mereka agar tetap terjaga kesehatan mentalnya. Kamu pun harus tetap bisa menjaga kesehatan yah. Nah, agar #TetapSemangatBersama, biarkan kami membantumu untuk penuhi kebutuhan si Kecil dengan belanja di HappyFresh. Coba klik tombol paling atas untuk mulai berbelanja.