Site icon

7 Manfaat Vitamin A untuk Bayi, Simak Yuk Moms!

vitamin a untuk bayi

Hi moms, tahu gak kalau bulan Februari dan Agustus itu adalah Bulan Vitamin A? Ya, vitamin A memang punya peranan yang sangat penting untuk menunjang tahap perkembangan bayi. Itu sebabnya, Pemerintah sampai mencanangkan Bulan Vitamin A untuk bayi dan anak ini.

Harapannya, anak-anak Indonesia bisa mendapatkan asupan vitamin A yang mencukupi sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, dan terhindar dari risiko gizi buruk.

Lantas, apa saja sih manfaat vitamin A untuk bayi? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Manfaat vitamin A untuk bayi

Berikut adalah beberapa manfaat vitamin A untuk si kecil yang penting untuk kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan mata

Kamu mungkin sudah tahu kalau vitamin A erat kaitannya dengan kesehatan mata. Nah, pada bayi, hal ini menjadi sangat penting karena organ-organ tubuhnya, termasuk mata, sedang dalam tahap perkembangan.

Jadi, pastikan asupan vitamin A-nya mencukupi agar mata si kecil sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin A juga berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan sistem imun bayi. Dengan asupan vitamin A yang cukup, si kecil jadi tidak mudah sakit.

3. Mengoptimalkan tumbuh kembang bayi

Peran vitamin A dalam mengoptimalkan perkembangan tubuh manusia bahkan sudah dari dalam kandungan. Vitamin yang disebut juga Retinol ini dibutuhkan janin maupun bayi yang baru lahir agar proses tumbuh kembang organ-organ tubuhnya seperti mata, ginjal, dan jantung berjalan baik.

Melansir HelloSehat, kekurangan vitamin A kerap menjadi penyebab bayi terlahir cacat dan/atau organ yang tidak berkembang sempurna pascalahir.

4. Menjaga kesehatan tulang

Meskipun perannya tidak sebesar kalsium maupun vitamin D, akan tetapi vitamin A juga dibutuhkan dalam proses perkembangan tulang, pun menjaga agar tulang tetap sehat.

Itu sebabnya, memberikan vitamin A untuk bayi dalam jumlah yang cukup juga bertujuan agar tulangnya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

5. Meningkatkan produksi sel darah merah

Selain zat besi, ternyata vitamin A juga turut berperan dalam meningkatkan produksi hemoglobin alias sel darah merah, lho.

6. Merawat kulit

Manfaat vitamin A untuk bayi lainnya adalah merawat kulit. Vitamin A menjaga kulit agar tetap lembap dengan cara mengoptimalkan produksi sebum.

7. Mencegah gizi buruk

Vitamin A termasuk nutrisi esensial untuk bayi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan bayi mengalami kondisi gizi buruk yang tentu aja bisa menghambat proses tumbuh kembangnya.

Berapa dosis vitamin A untuk bayi?

Dilansir dari Dinas Kesehatan Provinsi D.I Aceh, dosis pemberian vitamin A pada bayi dan anak adalah sebagai berikut:

Beli suplemen vitamin online di HappyFresh Supermarket

Sekarang, kamu bisa beli suplemen vitamin secara online tanpa perlu keluar rumah di HappyFresh Supermarket, lho!

Selain itu, belanja di HappyFresh Supermarket juga #BisaDiatur jadwal pengirimannya sesuai keinginan kamu. Kamu pun sudah bisa mulai belanja dari jam 6 pagi setiap harinya!

Yuk, beli kebutuhan rumah mudah dan hemat di HappyFresh Supermarket. Klik banner di bawah ini, ya. Happy shopping!


Baca juga: Kapan Bayi Bisa Duduk? Ini 5 Tanda dan Cara Melatihnya


Referensi: