Hi HappyFresher, apakah kamu rutin menggunakan produk skincare? Nah, kamu pasti tahu dong kalau skincare terdiri dari kandungan berbagai bahan aktif, salah satunya adalah Retinol. Yuk, cari tahu cara kerja dan manfaat retinol yang membuatnya menjadi ‘andalan’ berbagai produk kecantikan kulit berikut ini!

Apa itu Retinol?

Retinol adalah bahan aktif yang berasal dari vitamin A. Pada awalnya, ilmuwan mengembangkan bahan ini untuk membuat obat jerawat. Akan tetapi, dalam perkembangannya, retinol—disebut juga Retinoid—juga digunakan untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti penuaan dini.

Cara kerja Retinol adalah dengan merangsang produksi kolagen. Selain itu, zat ini juga membantu proses pembaruan sel-sel kulit yang mati. Retinol juga dapat menghaluskan kulit yang kasar.

Selain terdapat pada produk skincare yang dijual bebas di pasaran, Retinoid juga terkandung di dalam sejumlah obat kulit yang penggunaannya memerlukan resep dokter. Biasanya, jenis Retinol pada obat-obat tersebut berjenis tazarotene dan tretinoin.

Kedua jenis Retinoid tersebut memiliki efek yang lebih cepat dan kuat, pun risiko iritasi lebih besar. Itu sebabnya, penggunaannya harus dengan resep dokter.

Manfaat Retinol untuk kulit

Berikut ini adalah manfaat Retinol untuk kulit yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi jerawat

retinol

Jerawat adalah salah satu masalah kulit umum yang bisa diatasi dengan Retinol. Biasanya, dokter kulit akan menyarankan kamu untuk memakai skincare yang mengandung Retinoid apabila tingkat keparahan jerawat sedang hingga parah.

Selain itu, zat ini juga ampuh untuk mencegah jerawat kembali lagi dengan cara mengurangi produksi minyak kulit, juga mengatasi peradangan kulit.

2. Mencegah penuaan dini

manfaat retinol

Jenis Retinol tretinoin bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Seperti diketahui, penuaan dini adalah kondisi ketika pada kulit muncul keriput atau garis-garis halus, dan flek hitam.

Cara kerja tretinoin adalah dengan mencegah paparan sinar matahari berlebih. Pasalnya, sinar matahari menjadi salah satu penyebab kerusakan pada sel-sel kulit.

3. Mengatasi milia

manfaat retinol

Manfaat Retinol selanjutnya adalah mengatasi milia. Milia sendiri merupakan benjolan kecil yang biasa tumbuh di sejumlah area kulit wajah seperti kelopak mata, dahi, dan hidung.

Retinoid—khususnya jenis tretinoin—dapat menghilangkan milia. Selain itu, zat ini juga efektif untuk mencegah milia tumbuh kembali.

4. Mengobati psoriasis

retinol adalah

Bagi penderita penyakit radang kulit (psoriasis), Retinoid berfungsi untuk mengontrol gejala yang muncul. Adapun gejala psoriasis meliputi:

  • Kulit bersisik
  • Kulit bengkak dan kemerahan

5. Menjaga kelembapan kulit

manfaat retinol

Manfaat Retinol yang terakhir adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit kering, Retinoid efektif untuk mengatasi masalah ini.

Cara pakai Retinol yang benar & aman

Retinoid memang mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kulit. Kendati demikian, pemakaiannya haruslah benar supaya hasilnya optimal.

Berikut ini cara pakai Retinol yang benar dan aman:

  • Gunakan saat kulit dalam keadaan kering
  • Gunakan saat malam hari
  • Gunakan secukupnya (atau sesuai aturan resep dokter)

Apakah Retinol aman untuk ibu hamil & menyusui?

Sebuah studi yang dirilis oleh Birth Defect Research pada tahun 2020 menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan produk skincare yang mengandung Retinol.

Pasalnya, bahan ini berpotensi menghambat proses tumbuh kembang janin yang sedang dikandung. Retinoid berpotensi menyebabkan bayi mengalami cacat lahir. Bahkan yang terburuk, kematian pada janin.

Beli produk skincare online di HappyFresh Supermarket

Stok sabun muka, pelembap, dan produk skincare lainnya di rumah kamu habis? Tenang, kamu gak perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal belanja aja dari HappyFresh Supermarket!

HappyFresh Supermarket siap melayani kamu dari jam 6 pagi sampai 10 malam setiap harinya! Yuk, belanja sekarang juga. Klik banner di bawah ini, ya. Happy shopping!


Baca juga: Ini Pilihan Sabun Mandi yang Tepat Sesuai Jenis Kulitmu

sabun sesuai jenis kulit


Referensi: