Ambil diskonnya sekarang!

Moms, mengonsumsi buah dan sayuran selama hamil sangat dianjurkan agar kamu dan calon buah hati senantiasa sehat. Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah strawberry. Apa saja manfaat strawberry untuk ibu hamil? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Manfaat strawberry untuk ibu hamil

Strawberry menjadi buah yang baik untuk ibu hamil dikarenakan kandungan nutrisi yang dimilikinya, seperti:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Potasium
  • Zat besi
  • Vitamin B9
  • Vitamin C

Ini dia manfaat buah strawberry untuk ibu hamil yang perlu kamu tahu:

1. Menambah energi

manfaat strawberry untuk ibu hamil

Stroberi bisa menjadi sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Pasalnya, buah ini mengandung karbohidrat yang memang berfungsi sebagai ‘bahan bakar’ bagi tubuh.

2. Mencegah anemia

manfaat strawberry untuk ibu hamil

Ibu hamil rentan mengalami anemia alias kekurangan darah. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kondisi ini adalah dengan mengonsumsi strawberry.

Stroberi masuk ke dalam daftar buah penambah darah karena di dalamnya terkandung zat besi. Zat besi adalah mineral yang berperan penting dalam proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

3. Mencegah preeklampsia

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Preeklampsia adalah kondisi ketika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi. Ini tentu saja dapat membahayakan sang ibu maupun janin yang sedang dikandung.

Nah, salah satu manfaat strawberry untuk ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya preeklampsia. Ini berkat adanya kandungan kalium di dalamnya. Mineral ini menurut penelitian terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Sementara itu, vitamin C yang dikandng stroberi bermanfat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

5. Mencegah cacat lahir

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah bayi terlahir cacat. Ini berkat adanya kandungan vitamin B9 (asam folat).

Asam folat berperan penting dalam proses perkembangan janin. Kurangnya asupan vitamin B9 kerap dikaitkan dengan kasus cacat lahir.

Sikat sebelum terlambat! 

6. Mencegah dehidrasi

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Melansir SehatQ, sekitar 90% dari total kandungan stroberi adalah air. Hal ini menjadikannya juga baik untuk menjaga moms tetap terhidrasi.

7. Mengatasi susah BAB

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Susah BAB alias sembelit juga menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil. Strawberry adalah salah satu buah yang bisa membantu kamu mengatasi sembelit.

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil yang satu ini dihasilkan oleh serat yang dikandungnya.

8. Mengontrol gula darah

manfaat buah strawberry untuk ibu hamil

Apabila ibu hamil mengalami diabetes gestasional, maka stroberi adalah salah satu ‘obat’ yang bisa mengatasi hal tersebut.

Kandungan zat di dalam stroberi disebut-sebut dapat memperlambat penyerapan gula oleh usus dan meminimalisir kenaikan kadar insulin.

9. Mengatasi mual

buah yang bagus untuk ibu hamil

Stroberi memiliki rasa yang manis dan asam. Nah, hal ini ternyata cukup membantu mengurangi rasa mual yang umum dialami ibu hamil, lho!

10. Mengendalikan kadar elektrolit tubuh

buah yang baik untuk ibu hamil

Alasan lainnya mengapa strawberry adalah buah yang bagus untuk ibu hamil adalah, buah ini mengandung potasium yang dapat membantu menjaga kadar elektrolit tubuh.

Resep jus strawberry untuk ibu hamil

Nah, sekarang sudah tahu betapa besarnya manfaat strawberry untuk ibu hamil, kan? Jadi, kamu yang sedang hamil sebaiknya rajin-rajin mengonsumsi buah ini, ya.

Stroberi bisa dimakan langsung. Atau, biar lebih menggugah selera, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman jus segar. Berikut ini resep jus strawberry sederhana yang bisa kamu coba di rumah!

Bahan-bahan:

Cara membuat jus strawberry:

  1. Cuci stroberi sampai bersih, lalu potong menjadi 2 bagian.
  2. Masukkan strawberry beserta bahan-bahan lainnya ke dalam Lalu, nyalakan blender selama beberapa detik sampai bahan-bahan hancur.
  3. Matikan blender, kemudian tuangkan jus stroberi yang sudah jadi ke dalam gelas.
  4. Jus strawberry siap dihidangkan.

Beli buah online kualitas terbaik di HappyFresh Supermarket

Dapatkan buah strawberry dan buah berkualitas lainnya di HappyFresh Supermarket. Belanja di HappyFresh Supermarket, kamu bisa atur jadwal pengiriman sesuai keinginan mulai dari jam 6 pagi setiap harinya, lho!

Gak cuma itu, ada diskon menarik setiap harinya yang bisa kamu nikmati supaya belanja jadi makin hemat! Gak percaya? Download aplikasi HappyFresh di AppStore dan Google Play dan buktikan! Happy shopping!

Buruan ambil diskonnya!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil, Cari Tahu Yuk!


Referensi: