Buruan belanja, yuk!

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan darah, atau lebih tepatnya sel darah merah. Kondisi ini tentu saja merugikan karena artinya, aliran oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi terhambat. Nah, guna mengatasi anemia, ada sejumlah buah penambah darah yang bisa kamu konsumsi. Apa saja macam-macam buah untuk penambah darah tersebut? Simak di bawah ini, yuk!

Macam-macam buah penambah darah

Ini dia daftar buah untuk tambah darah yang perlu kamu ketahui, terlebih bagi kamu yang memang sedang atau pernah mengalami anemia.

1. Beetroot

buah penambah darah beetroot

Beetroot atau buah bit adalah buah yang menurut penelitian, dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Manfaat beetroot yang satu ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yang bersifat antianemia.

Beli beetroot harga murah di sini!

2. Mangga

buah penambah darah mangga

Buah untuk anemia selanjutnya adalah mangga. Ini karena mangga mengandung vitamin C dan asam folat dalam jumlah tinggi yang mana kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam proses produksi sel darah merah.

Jenis mangga ada bermacam-macam seperti mangga arumanis, mangga Indramayu, dan mangga golek. Semuanya baik untuk kamu konsumsi apabila memiliki riwayat anemia.

Beli mangga harga murah di sini!

3. Alpukat

buah tambah darah alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang gak hanya enak, tapi juga sehat. Salah satu manfaat alpukat untuk kesehatan adalah untuk menambah darah.

Khasiat alpukat ini dihasilkan oleh asam folat yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari HelloSehat, mengonsumsi alpukat dapat memenuhi hingga 23% kebutuhan folat harian.

Beli alpukat harga termurah di sini!

4. Pepaya

buah tambah darah pepaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Nah, ternyata papaya juga menjadi salah satu buah penambah darah, lho!

Pepaya bisa membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah dikarenakan buah ini mengandung asam folat dan vitamin C.

Beli pepaya harga murah di sini!

5. Leci

buah untuk anemia

Rasanya yang manis dan segar bikin buah ini banyak disukai orang. Selain itu, buah ini juga baik untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sehingga cocok dikonsumsi penderita anemia.

Alasan mengapa leci masuk dalam daftar buah tambah darah adalah karena buah ini mengandung vitamin C yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Beli leci segar di sini!

6. Semangka

buah untuk anemia

Semangka mengandung zat besi yang cukup banyak sehingga buah ini juga cocok untuk dikonsumsi kamu yang menderita anemia. Sepotong semangka ukuran sedang saja diklaim mengandung sekitar 1,5 gram zat besi.

Zat besi sendiri adalah mineral yang memiliki peran penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi pun sering dikaitkan dengan anemia.

Untuk mendapatkan manfaat semangka yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi semangka secara langsung atau mengolahnya menjadi jus semangka yang enak!

Beli semangka harga murah di sini!

7. Tomat

buah tambah darah tomat

Buah penambah darah lainnya adalah tomat. Buah berwarna merah ini menurut sebuah penelitian dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam sel darah merah.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk membantu penyerapan zat besi demi kelancaran proses produksi sel darah merah.

Beli tomat harga murah di sini!

8. Strawberry

buah untuk anemia strawberry

Strawberry kaya akan kandungan antioksidan yang pada akhirnya membuat buah ini juga dapat membantu mengatasi anemia. Manfaat strawberry yang satu ini penting bagi ibu hamil yang kerap mengalami anemia.

Beli stroberi harga murah di sini!

9. Anggur merah

buah tambah darah anggur merah

Kamu yang mengalami anemia juga disarankan untuk mengonsumsi anggur merah. Manfaat anggur merah sebagai buah untuk penambah darah ini berkat adanya kandungan asam folat.

Beli anggur merah harga murah di sini!

10. Kismis

buah penambah darah kismis

Kismis adalah satu di antara buah-buahan penambah darah yang juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang sedang mengalami anemia. Pasalnya, buah ini mengandung zat besi dalam jumlah tinggi sehingga sangat efektif untuk membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Beli kismis gratis ongkir di sini!

11. Apel

buah tambah darah apel

Sama seperti kismis, apel juga mengandung zat besi sehingga termasuk ke dalam jenis buah untuk anemia.

Beli apel harga termurah di sini!

12. Pisang

buah untuk anemia pisang

Pisang memang enak banget, setuju? Nah, lebih dari itu, buah berwarna kuning ini ternyata juga bisa mengatasi anemia, lho!

Ini karena pisang mengandung zat besi cukup banyak. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi penting lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Beli pisang harga murah di sini!

13. Persik

buah penambah darah persik

Rekomendasi buah untuk penambah darah yang terakhir adalah persik. Sama seperti buah-buahan penambah darah yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat persik untuk atasi anemia ini gak lepas dari kandungan zat besi dan vitamin C di dalamnya.

Beli buah persik di sini sekarang!

Penyebab & gejala anemia yang harus diwaspadai

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab anemia. Salah satu yang paling umum adalah kekurangan vitamin B12 dan asam folat sebagaimana dilansir dari WebMD.

Lalu, kapan seseorang dinyatakan mengalami anemia? Melansir Mayo Clinic, gejala anemia pada umumnya meliputi:

  • Tubuh terasa lemas
  • Sakit kepala
  • Kepala pusing
  • Kulit pucat
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Napas pendek
  • Detak jantung tidak menentu
  • Nyeri dada

Apabila kamu mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera konsumsi buah untuk penambah darah di atas sebagai salah satu cara mengatasi anemia ini selain tentu saja berobat ke dokter.

Beli buah & sayur di HappyFresh Supermarket

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja macam-macam buah penambah darah? Kamu bisa beli semua buah-buahan penambah darah tersebut di HappyFresh Supermarket, lho!

Kenapa sih harus belanja di HappyFresh Supermarket? Pertama, produk yang kamu mau pasti ready stock. Kedua, kamu bisa atur jadwal pengiriman sesuai keinginan mulai dari jam 6 pagi setiap harinya! Ketiga, belanja di HappyFresh Supermarket dapat gratis ongkir juga! Asyik, kan?

Eits, masih ada lagi. Kamu bakal dapetin banyak promo menarik setiap harinya! Pokoknya semua #BisaDiatur deh! Yuk, belanja di HappyFresh Supermarket sekarang juga!

Sikat diskonnya sebelum terlambat!

BACA JUGA: 5 Buah Ini Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh!

buah penambah imun


Referensi: