Cek Diskon Terbaru!

Kamu pernah mendengar yang namanya beetroot? Ya, buah yang masuk ke dalam keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae ini merupakan umbi-umbian yang punya segudang manfaat kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat beetroot bagi kesehatan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat beetroot bagi Kesehatan

Beetroot atau disebut juga bit merah adalah buah yang mengandung banyak nutrisi. Maka tak heran jika buah ini diklaim memiliki beragam manfaat kesehatan.

Dilansir dari WebMD, nutrisi yang terkandung di dalam beetroot adalah sebagai berikut:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Asam folat
  • Mangan
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Potasium
  • Zat besi

Berikut adalah macam-macam manfaat beetroot yang perlu kamu ketahui, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Menambah stamina tubuh

Mengonsumsi buah bit merah disebut-sebut dapat membantu mitokondria dalam tubuh untuk memproduksi energi secara optimal.

2. Merawat kulit

Beetroot diperkaya vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut telah terbukti secara ilmiah mampu merawat kulit agar tetap sehat, termasuk mencegah penyakit kanker kulit!

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat beetroot lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Kok bisa? Ya, ini karena bit merah mengandung zat antioksidan bernama lutein.

Menurut penelitian, lutein berperan dalam melawan radikal bebas. Seperti yang diketahui, radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit.

4. Menurunkan tekanan darah

Kamu punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi? Hati-hati karena kondisi ini bisa mengancam nyawa kalau dibiarkan terus-menerus, lho!

Nah, salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi beetroot. Kandungan nitrat di dalamnya dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah akan menurun.

5. Mengobati peradangan

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam beetroot memiliki manfaat untuk mengobati peradangan.

Penelitian tahun 2014 mengungkapkan kalau beetroot efektif mengatasi peradangan pada sendi atau disebut osteoarthritis.

6. Menjaga kesehatan otak

Menjaga kesehatan otak menjadi manfaat beetroot lainnya yang harus kamu tahu. Hal ini lagi-lagi berkat kandungan nitrat di dalamnya.

Nitrat disebut-sebut berperan dalam memperlancar aliran darah menuju otak.

7. Merawat kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada beetroot menjadikan buah ini juga baik untuk pencernaan. Serat berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Jadi, risiko untuk mengalami sejumlah gangguan pencernaan seperti sembelit, radang usus, dan sebagainya, bisa diminimalisir.

8. Menurunkan risiko kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Nah, mengonsumsi beetroot jadi salah satu cara alami yang bisa kamu terapkan untuk terhindar dari penyakit ini.

Pasalnya, beetroot mengandung sejumlah zat antioksidan seperti betaine, asam ferulik, dan kaempferol. Penelitian menunjukkan kalau zat-zat tersebut berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Mencegah penyakit jantung

Manfaat beetroot lainnya adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin B9 di dalam buah tersebut.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Makan buah bit merah secara rutin juga diklaim dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat beetroot yang satu ini dikarenakan adanya kandungan serat yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan bakteri baik.

Cara mengolah beetroot menjadi makanan sehat

Nah, sudah tahu kan besarnya manfaat beetroot bagi tubuh kita? Jadi, ada baiknya kalau kamu mulai mengonsumsi buah ini secara rutin.

Untungnya, buah beetroot bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak! Berikut ini beberapa contoh ide resep beetroot yang bisa kamu coba!

1. Puding Beetroot

manfaat beetroot

(Sumber foto: Love is in my tummy)

Pertama, kamu bisa mencoba resep puding beetroot. Bahan-bahan dan cara membuat puding beetroot ini cukup mudah, kok. Cukup siapkan 1 buah bit merah, gula, sirup, agar-agar, dan susu cair.

Setelah itu, kamu tinggal blender beetroot sampai halus, campurkan dengan bahan-bahan yang tadi disebutkan dalam satu wadah adonan, lalu tunggu hingga mengeras.

2. Donat Beetroot

manfaat beetroot

(Sumber foto: TripAdvisor)

Selain puding, beetroot juga bisa kamu olah jadi kue donat yang lezat, lho!

Resep donat beetroot cukup sederhana. Kamu tinggal mempersiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula, mentega, garam, dan buah bit merah itu sendiri.

Kemudian, blender buah bit hingga halus dan masukkan ke dalam adonan terigu. Setelah itu, bentuk adonan menjadi donat dan goreng menggunakan api sedang. Mudah, bukan?

3. Sup beetroot ayam jamur

manfaat beetroot

(Sumber foto: FirstCry Parenting)

Atau, cobain juga nih resep sup beetroot ayam jamur. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan antara lain buah bit merah, ayam kampung, jamur, wortel, bawang merah, bawang putih, garam, dan seledri.

Kemudian, campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam air mendidih sambil diaduk perlahan sekitar 20 menit. Jadi deh sup beetroot ayam jamur yang lezat!

Nah, biar gak perlu repot-repot belanja bahan-bahan untuk mengolah berbagai resep beetroot di atas, kamu bisa pakai HappyFresh! Tinggal pesan, lalu serahkan kepada personal shopper kami untuk membelikan belanjaanmu.

Gak cuma itu, kamu juga bisa menentukan waktu pengiriman belanjaan sesuai keinginan. Pokoknya, semua #BisaDiatur kalau belanja di HappyFresh! Yuk, belanja sekarang juga!

Belanja sekarang!

Baca juga: 13 Manfaat Akar Teratai, Bisa Turunkan Berat Badan?


Referensi: