Sering salah pilih buah jeruk? Nah, kali ini HappyFresh akan berbagi tips cara memilih jeruk yang manis. Jeruk sendiri adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari lagizi, manfaat jeruk untuk kesehatan antara lain:

  • Melancarkan saluran pencernaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Untuk bisa mendapatkan manfaat jeruk yang maksimal, tentu harus memilih buah jeruk berkualitas baik. Jadi, berikut adalah cara memilih buah jeruk yang manis dan berkualitas.

Cara memilih jeruk yang manis

1. Perhatikan tekstur kulit jeruk

orange-cara-memilih-jeruk-yang-manis

Bila kulit terlihat halus maka jeruk tersebut sudah matang dan akan memiliki rasa yang manis. Jangan memilih jeruk dengan kulit kasar dan tebal karena kandungan airnya hanya sedikit dan rasanya kurang segar.

2. Perhatikan warna kulit jeruk

cara-memilih-jeruk-yang-manis

Tak hanya memiliki tekstur kulit yang mulus, jeruk yang manis biasanya juga memiliki kulit yang mengilap. Cobalah meletakkan jeruk di bawah sinar lampu. Jika memantulkan cahaya berarti jeruk tersebut manis.

Slide 1
 

3. Cek ketebalan kulit jeruk

orange-skin-cara-memilih-jeruk-yang-manis

Jangan lupa untuk cek ketebalan kulitnya. Jeruk dengan kulit yang tebal cenderung memiliki air yang sedikit tapi rasanya manis. Sebaliknya, jika kulit jeruk tipis berarti mengandung air yang banyak.

4. Perhatikan warna jeruk

cara-memilih-jeruk-yang-manis

Saat memilih jeruk mandarin pilihlah yang berwarna oranye mencolok atau gelap. Cara ini menandakan bahwa jeruk tersebut memang sudah benar-benar matang dengan sempurna.

5. Periksa bagian bawah kulit jeruk

cara memilih jeruk yang manis

Cara memilih jeruk yang manis juga bisa dilakukan dengan memeriksa bagian bawah kulit jeruk. Biasanya kulit jeruk yang cenderung cekung memiliki rasa yang manis.

Resep olahan jeruk yang enak & segar

Kalau sudah tahu bagaimana cara memilih jeruk yang segar, sekarang saatnya kamu mencoba sejumlah resep olahan buah jeruk berikut ini. Ada apa aja, sih?

1. Es jeruk kelapa muda

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 buah jeruk segar
  • 150 gr kelapa muda
  • 250 ml air kelapa muda
  • 3 sdm sirup vanilla
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Peras jeruk, lalu campurkan air perasannya dengan air kelapa muda dan sirup vanilla.
  2. Masukkan kelapa muda ke dalam gelas atau wadah lainnya. Kemudian, tuangkan air jeruk yang tadi.
  3. Tambahkan es batu, lalu sajikan selagi dingin.

2. Es jeruk blewah

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 buah jeruk segar
  • 1 buah blewah, serut dagingnya
  • 2 sdm gula pasir
  • 500 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Peras jeruk, lalu tambahkan sedikit air hangat dan gula. Aduk hingga gula larut.
  2. Tambahkan blewah ke dalam air perasan jeruk, lalu tambahkan lagi air dingin secukupnya.
  3. Tambahkan es batu, lalu segera sajikan.

Itulah sederet tips cara memilih jeruk manis yang bisa kamu coba. Nah,  bagaimana jika kamu membeli buah online? Dikarenakan membeli secara online tidak bisa melihat dan menyentuh secara langsung jeruk yang akan dibeli,  cara yang paling tepat adalah memilih toko online yang paling terpercaya. Yuk, coba belanja pakai aplikasi HappyFresh.

HappyFresh merupakan sebuah layanan belanja online yang memungkinkan kamu untuk belanja online di supermarket ternama seperti Ranch Market, Farmers Market, Superindo, Lotte Mart, Transmart, Grand Lucky, dan lainnya.

Belanja di HappyFresh Supermarket akan dibantu oleh personal shopper terlatih. Personal shopper HappyFresh ini bertugas untuk memilih pesanan sesuai preferensimu. Jika kamu beli jeruk melalui HappyFresh, personal shopper akan memilihkan jeruk-jeruk manis dan berkualitas.

Selain itu, kamu sudah bisa belanja dari mulai jam 6 pagi setiap harinya dan jadwal pengantaran #BisaDiatur sesuai keinginan. Jadi, tunggu apalagi? Klik di bawah ini untuk mulai berbelanja.

Belanja Sekarang, Yuk!

BACA JUGA: Anti Galau! Ini Cara Memilih Ikan Segar yang Tepat

HappyFresh_Recipe_Cara_Memilih_Ikan_Segar


Referensi: